Apresiasi Terhadap Langkah Pemerintah Memfokuskan Pembangunan di Papua dan Papua Barat

Presiden Joko Widodo memfokuskan pembangunan infrastruktur di sejumlah wilayah, termasuk pembangunan di Papua dan Papua Barat. Bahkan terkini, Presiden menunjuk Wakil Presiden Ma’ruf Amin, sebagai Ketua Dewan Pengarah Percepatan Pembangunan Papua. Langkah ini sebagai upaya Pemerintah memastikan pembangunan terus berjalan di segala sektor sehingga terwujudnya keadilan yang merata. Hal itu dilakukan Pemerintah untuk membangun kepercayaan masyarakat di sana terkait komitmen membangunan Papua dan Papua Barat.

Langkah tersebut mendapatkan berbagai apresiasi dari sejumlah pihak, termasuk pejabat di wilayah Papua. Walikota Jayapura, Benhur Tommy Mano, mengatakan dirinya memberikan apresiasi luar biasa terhadap pembangunan infrastruktur, terutama Jembatan Youtefa.

Jembatan Youtefa berdampingan dengan Tol Trans-Jawa dan MRT yang dilambangkan sebagai pencapaian pembangunan Indonesia di bidang infrastruktur. Bahkan tidak hanya dibangun, jembatan itu juga dimasukkan kedalam gambar pecahan uang baru Rp 75.000 edisi khusus HUT ke-75 RI.

Benhur Tommy Mano mengku bangga Jembatan Youtefa ada di pecahan uang baru tersebut. “Ini suatu apresiasi khusus bagi Papua karena banyak bangunan yang dibangun secara megah di Indonesia, tapi pilihannya pada Papua, berarti Papua melekat di hati Bapak Presiden,” ujar Benhur.

Masyarakat Papua pun, menurut Benhur, juga bangga dan mengapresiasi langkah Pemerintah. Dia menegaskan hal ini menunjukkan pembangunan berjalan merata. “Itu bertanda bahwa pembangunan untuk semua orang dan merata. Ini dibangun menggunakan uang rakyat, saya memberikan apresiasi luar biasa kepada Pak Jokowi yang mengambil satu lambang kemegahan di Papua, yang merupakan landmark yang ada di Kota Jayapura,” kata dia.

Ditempat terpisah, Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Warmadewa Dr.Toto Nurasto, menyebut perhatian Pemerintah Pusat terhadap Papua dan Papua Barat patut diakui, terutama terkait pembangungan infrastruktur dan pembangunan SDM.

Para mahasiswa yang belajar di Universitas Warmadewa, menurut Dr. Toto, mengapresiasi kinerja pembangunan yang dilakukan pemerintah saat ini. “Dari komunikasi yang kami lakukan, mereka mengapresiasi apa yang sudah dilakukan pemerintah di bawah Presiden Jokowi, terhadap perhatian dan pembangunan yang sudah dilakukan,” tegasnya.

Hal ini diharapkan dapat memajukan kehidupan masyarakat di Papua dan Papua Barat, serta meningkatkan kesejahteraan rakyat. Inipun dapat menjadi sinyalemen Pemerintah sangat menginginkan Papua dan Papua Barat berkembang.

Tinggalkan Balasan