Pemerintah Fokus Membangun Papua

Presiden Joko Widodo akan menjadikan Papua dan Papua Barat sebagai salah satu fokus utama dalam pembangunan, baik infrastruktur maupun pembangunan sumber daya manusia. Hal ini dilakukan untuk menunjukkan komitmen menjadikan Papua, menjadi bagian penting dari Indonesia.

Deputi V Kantor Staf Presiden, Jaleswari Pramodhawardani, mengatakan di periode kedua pemerintahan Presiden Jokowi memang ingin menjadikan sektor pendidikan dan kesehatan menjadi prioritas utama di Papua, selain infrastruktur.

“Pemerintah pusat memiliki komitmen tinggi untuk terus menambah tenaga pendidik di Papua. Sehingga terjadi peningkatan kualitas pendidikan yang dampaknya akan dirasakan dalam jangka panjang. Hal itu juga dilakukan di sektor pembangunan infrastruktur untuk meningkatkan kesejahteraan warga Papua,” ujar Jaleswari.

Menurutnya apa yang dilakukan pemerintah pusat, dengan terus mendorong infrastruktur dan pembangunan sumber daya manusia semestinya didukung oleh sejumlah pihak.

Ditempat terpisah, Anggota DPR F-PDI Perjuangan Dapil Papua Barat, Jimmy Demianus Ijie, mengatakan salah satu komitmen Presiden Joko Widodo selama menjabat sebagai presiden Indonesia adalah menggenjot pembangunan infrastruktur dan konektivitas antarwilayah, terutama di daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T). Salah satu daerah yang menjadi prioritas pembangunan infrastruktur adalah Provinsi Papua dan Papua Barat.

“Presiden meyakini program pembangunan infrastruktur, terutama di Papua, akan dapat meningkatkan mobilitas, mengangkat ekonomi lokal, dan pada akhirnya meningkatkan taraf hidup masyarakatnya,” ujar Jimmy Demianus.

Mengutamakan pembangunan infrastruktur bagi bumi Papua itu juga mengindikasikan adanya pemahaman Presiden Joko Widodo bahwa dalam menghadapi persoalan Papua tidak harus selalu melalui pendekatan keamanan, dengan memobilisasi kekuatan angkatan bersenjata, tetapi hanya diperlukan adanya kehadiran negara dalam bentuk konsistensi sikap dan komitmen tinggi untuk membangun infrastruktur, seperti jalan, jembatan, pelabuhan, dan bandara.

“Ya ini jelas menunjukkan ke semua pihak bahwa Negara memang hadir dalam peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan warga
Papua,” tegasnya.

Tinggalkan Balasan