Apresiasi Langkah Pemerintah Tingkatkan Pembangunan Di Papua Guna Sejahterakan Warga

Sejumlah pihak menilai langkah Pemerintah terus membangun wilayah Papua mampu sejahterakan warga Papua. Tidak hanya di pusat kota, bahkan Pemerintah membangun infrastruktur di sejumlah titik-titik penghubungan agar mampu membantu masyarakat.

Tokoh Papua, Izak Randi Hikoyabi, mengatakan pembangunan infrastruktur yang terus dilakukan oleh Pemerintah di wilayah Papua akan berdampak pada banyak sektor. Hasil dari pembangunan ini memajukan dan meningkatkan kesejahteraan warga Papua. “Infrastruktur itu urat nadi pembangunan kesejahteraan Papua secara berkelanjutan. Untuk itu, Papua harus maju dan sejahtera,” ujar Izak Randi.

Menurutnya, dengan pertumbuhan penduduk membutuhkan banyak akses penunjang. Ia mengungkapkan, dampak ekonomi, sosial, budaya dan lain-lain. Dengan tersambungnya akses mulai dari jalan, jembatan, listrik dan lainnya maka akan berdampak pada kemudahan masyarakat.

Di lain pihak, Pengurus Paguyuban Mahasiswa Dewata Sorong dan NTT, Vladimir Johan, mengatakan strategi Pemerintah Pusat membangun infrastruktur di Papua membuat masyarakat Papua lebih sejahtera. Menurutnya, ini perlu diakui dan diapresiasi semua pihak.

“Masyarakat Papua saat ini sudah lebih mudah membuka akses antarkabupaten. Banyak jalan dibangun, bahan bakar yang dulu mahal kini sudah sama harganya, ini saya kira sudah adil,” ungkap Johan.

Apresiasi itu juga didukung oleh Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Warmadewa Dr.Toto Nurasto. Menurutnya pembangunan infrastruktur dan sumber daya manusia (SDM) saat ini patut diapresiasi sebagai bagian dari pemerataan pembangunan di Indonesia.

“Perhatian pemerintah Jokowi saat ini terhadap Papua harus diakui. Banyak pembangunan sudah dilakukan baik itu infrastruktur maupun pembangunan SDM,” ungkap Dr.Toto.

Tinggalkan Balasan