Tokoh Papua Dukungan Kedaulatan NKRI di Bumi Cenderawasih

Sejumlah kelompok anti-Pemerintah terus menyuarakan sentimen negatif terkait situasi terkini di wilayah Papua. Mereka umumnya menyebut Pemerintah Indonesia sama sekali tidak memperhatikan nasib warga Papua. Mereka menuding Negara hanya mengekploitasi sumber daya di wilayah Papua demi kepentingan Jakarta.

Namun hal itu rupanya tidak didukung oleh sejumah pihak, terutama dari tokoh Papua. Tokoh Agama dan Adat Tabi dan Seireri, Pendeta Herman Yoku, mengatakan bahwa penggiringan opini negatif terhadap situasi di Papua hanya diinisiasi oleh gerakan separatis dan politik semata.

Dia menegaskan bahwa bumi cenderawasih mutlak masuk bagian dari kedaulatan NKRI. Hal itupun tidak bisa dibantah oleh provokasi-provokasi yang tidak substantif. “Kami tetap dalam bagian NKRI dan membangun tanah ini menjadi tanah yang diberkati dan sejahtera. Jangan terprovokasi gerakan yang menyesatkan. Yang membuat kita tidak bisa berkembang,” ucap Herman Woku.

Sementara itu, Mantan Miss Pupua 2018, Ludia Amaye Maryen, menuturkan bahwa mahasiswa Papua pada umumya memiliki kecintaan yang tinggi terhadap negara Indonesia, sama seperti pemuda lainnya. Dirinya pun bersyukur melihat pesatnya perkembangan Papua dari hari ke hari.

“Mahasiswa Papua di Jakarta sangat mendukung pemerintah pusat dan derah membangun Papua yang lebih baik. Puji Tuhan saat ini sudah ada kemajuan dalam perkembangan di Papua dari insfrastuktur dan juga peran pemerintah dalam keamanan,” kata Ludia.

Lebih lanjut, Mantan Miss Pupua 2018 dan Miss Indonesia Persahabatan 2018 itu mengatakan, Papua membutuhkan SDM milenial yang kreatif dan inovatif untuk membangun Papua dengan keterampilan di mana saja dan kapan saja.

“Kita disini diberikan Golden Ticket untuk mengejar impian kita, mengejar untuk menggali lagi ilmu pegetahuan dan eksplor di tanah rantau. Jadi jangan pernah kita sia-siakan kesempatan itu,” lanjutnya.

Tinggalkan Balasan