Pemerintah dan Masyarakat Bersinergi Atasi Covid-19

Oleh: Anwar Ibrahim (Blogger Jakarta)

Masalah penyebaran Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) atau Virus Corona tidak akan tuntas jika tidak ditangani serius oleh semua pihak. Himbauan pemerintah untuk mengikuti protokol kesehatan, jaga jarak, cuci tangan, pakai masker dan tetap dirumah seharusnya dijalankan dengan tertib dan seksama. Namun sepertinya masyarakat sudah mulai jenuh dengan hal itu. Tidak sedikit yang abai bahkan melanggar protokol kesehatan dengan sengaja. Sehingga tidak heran jika kasus aktif kembali terjadi.

Masyarakat harus sadar dan peduli, sebab pemerintah tidak akan mampu mengatasi penyebaran Covid-19 tanpa dukungan dan feedback yang baik. Pelaksanaannya pun harus bersama bersama-sama, padu dan berkesinambungan agar bahaya pandemi ini bisa diminimalisasi.

Bertambahnya kasus positif merupakan peringatan bagi masyarakat secara luas. Tidak bisa kita saling menyalahkan terkecuali virus itu belum menyebar ke setiap lingkungan. Penyebaran virus begitu cepat, ditambah lagi dengan tingkat kesadaran masyarakat yang kurang sehingga hal tidak diinginkan bisa menjadi kenyataan.

Disiplin Ketat Protokol Kesehatan Solusi Cegah Penyebaran Covid-19

Seluruh elemen masyarakat harus berperan serta membantu pemerintah untuk membebaskan bangsa Indonesia dari krisis kesehatan ini. Dengan kata lain, seluruh elemen masyarakat harus mempunyai kepedulian dan kesadaran kolektif yang solid dan kuat untuk bersama-sama berupaya mengatasi pandemi Covid-19 serta dampak yang ditimbulkan, melalui disiplin ketat protokol kesehatan dan mengampanyekan informasi positif guna menumbuhkan optimisme.

Kepedulian dan kesadaran kolektif bangsa Indonesia inilah yang dapat melahirkan kebersamaan dan gotong royong, saling bahu membahu menekan penyebaran Covid-19. Tanpa disiplin dan gotong royong mematuhi aturan dan kebijakan pemerintah, mata rantai penyebaran Covid-19 sulit dihentikan. Oleh karenanya, perlu ditumbuhkan kesadaran kolektif bahwa kita semua senasib sepenanggungan dalam menghadapi pandemi ini.

Sudah semestinya rakyat mengapresiasi upaya pemerintah menangani penyebaran Covid-19 dan menghindari hoaks yang dapat menimbulkan hal kontraproduktif, sehingga percepatan penanganan Covid-19 sulit tercapai. Sekarang saatnya bersama lawan hoaks dan konten negatif seputar kebijakan protokol kesehatan.

Tinggalkan Balasan