Komitmen Pemerintah Dalam Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Papua Sangat Besar

Presiden Joko Widodo menunjuk langsung Wakil Presiden Ma’ruf Amin menjadi Ketua Tim Terpadu Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Provinsi Papua dan Papua Barat. Tim ini mempunyai tugas melaksanakan kebijakan percepatan pembangunan kesejahteraan di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat untuk mewujudkan masyarakat Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat yang sejahtera, damai, dan bermartabat.

Didalam rapat pertama, Wapres Ma’ruf Amin menyebut pemerintah menaruh perhatian dan komitmen yang besar pada Papua. Hal itu didasarkan dengan dikeluarkannya Inpres 9/2020 tentang Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat, dan Keppres 20/2020 tentang Tim Koordinasi Terpadu Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat.

Untuk memastikan program itu berjalan, dibutuhkan semangat baru, paradigma baru, dan cara kerja baru untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah tersebut. “Kita harus bangun sebuah sistem dan desain baru, cara kerja yang lebih efektif agar mampu menghasilkan lompatan kemajuan kesejahteraan bagi rakyat Papua dan Papua Barat,” ungkap Ma’ruf.

Lanjut Ma’ruf, berbagai upaya ini harus mendorong diterapkannya pendekatan kultural dalam kerangka pembangunan.

Di kesempatan berbeda, Staf Khusus Presiden yang juga adalah putra asli Papua asal wilayah adat Saireri, Billy Mambrasar mengatakan masyarakat tak perlu meragukan komitmen Presiden Jokowi dalam membangun Bumi Nusantara Paling Timur ini, Tanah Papua.

Terlebih saat pemerintahan Jokowi, dirinya memprioritaskan pembangunan infrastruktur dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul sebagai bagian dari sebuah bentuk kerangka besar jawaban dari solusi permasalahan yang ada di Papua. Hal ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat Papua.

“Misalnya, dulu dari Biak ke Serui butuh waktu yg sangat panjang utk naik Feri, sekarang dengan tol laut yang di gagas Pak Jokowi, setiap saat ada kapal cepat, dan mobilitas meningkat, ini di kampung saya sendiri terlihat jelas”, ujar Billy Mambrasar.

Hal tersebut tentu untuk mewujudkan masyarakat Papua dan Papua Barat yang maju, sejahtera, damai dan bermartabat di dalam negara Republik Indonesia.

Tinggalkan Balasan