Sejumlah Tokoh Lokal Inginkan Papua Menjadi Wilayah Damai dan Maju

Sejumlah tokoh lokal Papua mengajak semua komponen masyarakat yang tinggal di tanah Papua untuk bersama-sama menciptakan wilayah Papua sebagai zonan damai, tanpa ada lagi potensi konflik dan kekerasan.

Kepala Suku Mee Kabupaten Mimika, Piet Nawipa, mengatakan masyarakat Papua umumnya menginginkan wilahnya menjadi daerah yang damai dan maju. Untuk itu dibutuhkan kerjasama yang harmonis antara Pemerintah Daerah, Aparat Keamanan dan masyarakat dari berbagai suku.

“Harus ada kerja sama yang harmonis antara pemerintah daerah, tentara, polisi, dengan masyarakat dari berbagai suku. Jadi ada kerjasama antara aparat dengan masyarakat dan semua pihak, agar menciptakan kedamaian di Bumi Cendrawasih”, tutur Piet Nawipa.

Dirinya juga menegaskan bahwa masing-masing suku di Papua juga dituntut untuk menjaga dan melindungi masyarakat akar rumputnya. Ia berharap di bulan desember yang merupakan bulan sukacita karena merayakan natal, tidak ada lagi kekerasan di Bumi Cendrawasih. Masyarakat bisa menikmati suasana libur akhir tahun dengan damai dan bahagia.

Harapan yang sama juga disampaikan Ketua Presidium Putra-Putri Pejuang Pepera (P5), Yanto Khomlay Eluay. Menurutnya di penghujung tahun masih saja terjadi konflik-konflik kekerasan yang terjadi di beberapa wilayah Papua yang menjadikan kondisi tidak aman dan mengkhawatirkan. Untuk itu, dia memgingatkan masyarakat untuk mengakhiri berbagai potensi konflik dan kekerasan yang melibatkan masyarakat lokal.

“Sudah saatnya mengakhiri perdebatan posisi Papua bagian dari Indonesia yang terus diprovokasikan. Saat ini waktunya bersaing menyejahterakan dan memajukan masyarakat Papua”, kata Yanto.

“Kita mempunyai potensi sumber daya alam, potensi ini kalau tidak aman ini tidak akan berguna. Tuhan sudah anugerahi kita dengan sumber daya alam yang begitu bagus. Semua ini kalau tidak aman, tidak bisa dikelola tidak ada manfaatnya. Oleh sebab itu, wajib orang Papua untuk memberikan apresiasi, terima kasih kepada TNI-Polri untuk menghadirkan kedamaian dan keamanan di Papua,” ucapnya.

Tinggalkan Balasan