Sambut Perayaan Tahun Baru, Sejumlah Pihak Siap Jaga Kondusivitas Keamanan di Wilayah Papua

Jelang perayaan momen pergantian tahun di wilayah Papua, aparat keamanan setempat memperketat pengawasan situasi dan keamanan. Sejumlah pasukan ditugaskan untuk menjaga kondusivitas wilayah.

Kepala Penerangan Kodam XVII Cenderawasih, Letkol Arm Reza Nur Patria, mengatakan pasukan TNI akan melaksanakan giat patroli baik yang bersifat rutin ataupun insidentil guna menjaga stabilitas keamanan wilayah Papua jelang perayaan Tahun Baru 2021.

Langkah ini mendukung mendukung Operasi Lilin Matoa 2020 yang digelar Polda Papua dalam rangka pengamanan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021. “Sebanyak 4.850 personel tersebar di seluruh wilayah Papua mem-back up Polda Papua,” kata Letkol Arm Reza Nur Patria.

Reza mengatakan Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono menegaskan pihaknya siap mendukung Pemerintah Daerah dan Polda Papua dalam menciptakan stabilitas situasi keamanan. “Upaya itu agar kita semua dapat menyambut tahun baru 2021 dengan seraya berdoa agar Tuhan Yang Maha Kuasa selalu melindungi dan memberikan yang terbaik kepada kita semua,” ujarnya.

Ditempat terpisah, Kapolsek Muting Kabupaten Merauke, Ipda Hamado, mengatakan dirinya meminta masyarakat dapat membantu menciptakan kamtibmas yang aman dan kondusif jelang pergantian malam tahun baru. Polisi juga akan merazia sejumlah pedagang minuman keras oplosan yang menjadi pemicu aksi keributan.

“Kami berharap masyarakat menciptakan kamtibmas yang aman dan kondusif, terlebih jelang pergantian malam tahun baru,” kata Hamado.

Sementara itu, Ketua Umum PGPI Provinsi Papua dan Ketua III PGGP Provinsi Papua Pendeta MPA. Mauri. STh mengatakan akan terus menghimbau kepada masyarakat untuk bersama-sama menjaga situasi kamtibmas di Kota Jayapura tetap aman dan kondusif. Hal ini diperlukan agar warga dapat menyambut pergantian tahun dengan aman dan khidmat.

“Saya menghimbau kepada masyarakat untuk bersama-sama menjaga situasi kamtibmas di Kota Jayapura tetap aman dan kondusif. Sehingga kita dapat merayakan pergantian tahun dengan aman dan damai,” tutur Pendeta MPA. Mauri. STh.

Tinggalkan Balasan