Pembangunan Infastruktur dan SDM, Menjadi Komitmen Pemerintah Memajukan Papua

Pembangunan Papua dan Papua Barat terus menjadi isu yang mendapat perhatian khusus dari Pemerintahan Presiden Joko Widodo dari tahun ke tahun. Apalagi keberhasilan pembangunan di dua provinsi ini seperti menjadi tolak ukur pemerataan kesejahteraan di seluruh penjuru Indonesia.

Deputi V Kantor Staf Presiden (KSP) Jaleswari Pramodhawardani mengatakan, Pemerintah akan menjadikan Papua dan Papua Barat sebagai salah satu prioritas utama dalam pembangunan baik infrastruktur maupun pembangunan sumber daya manusia.

“Periode kedua pemerintahan Presiden Joko Widowo memiliki target besar untuk membangun kemajuan di wilayah Papua dan Papua Barat. Ada optimisme, kebersamaan yang saling menguatkan, tidak seperti dipersepsikan oleh kelompok tertentu yang mengesankan Papua mendapat diskriminasi,” ujar Jaleswari Pramodhawardani.

Tugas menguatkan Papua, kata Jaleswari, perlu melibatkan semua komponen bangsa. Apalagi, cerita Papua sejatinya tidak seperti digambarkan pihak-pihak tertentu yang menggambarkan suram. Pembangunan yang dijalankan di Papua oleh pemerintah, diharapkan menjadi landasan menuju Papua yang lebih baik dan penuh optimisme.

Keyakinan itupun muncul juga dari Wakil Bupati Asmat, Thomas Eppe Safanpo. Ia mengatakan masyarakat perlu mengapresiasi komitmen Pemerintah pusat mengakselerasi pembangunan Papua, dari sisi sumber daya manusia maupun infrastruktur.

Pioritas Pemerintah yakni mnenciptakan kemajuan dibidang pendidikan, kesehatan, infrastruktur, hingga pemberdayaan ekonomi masyarakat. Hal itu menjadi bukti, bahwa perhatian Pemerintah Pusat ke Papua begitu besar. “Saya percaya pak Jokowi sungguh-sungguh membangun Papua dan kami pun mengapresiasinya,” kata Thomas Eppe Safanpo.

Sementara itu, Duta Besar RI untuk Selandia Baru Tantowi Yahya, menyampaikan, pemerintah di luar negeri terus melakukan berbagai upaya untuk menjelaskan situasi yang sebenarnya di Papua kepada masyarakat internasional, di mana pembangunan infrastruktur, pembangunan sumber daya manusia, dan demokrasi telah mengalami lompatan yang tidak pernah terjadi sebelumnya.

“Kita harus menginformasikan kepada penduduk dunia bahwa pembangunan yang dikerjakan Pemerintah Indonesia di wilayah Papua bertujuan mensejahterakanw warga serta komitmen Pemerintah untuk kemajuan Papua.” pungkas Tantowi.

Tinggalkan Balasan