Sejumlah Kepala Suku Di Papua Mengajak Masyarakat Jaga Kedamaian di Bumi Cendrawasih

Kasus rasisme yang melibatkan Natalius Pigai dikhawatirkan akan menimbulkan berbagai konflik lain yang mengancam kamtibmas di wilayah Papua. Untuk itu, Kepala Suku Jayawijaya, Abner Wetipo SH, meminta masyarakat untuk tetap tenang dan menjaga situasi keamanan di wilayah Papua.

“Menyikapi kejadian ini kami himbau kepada saudara-saudara kami tetap tenang dan tidak perlu ada kekhawatiran karena kasus ini sudah ditangani oleh aparat Kepolisian” kata Abner Wetipo. Pihaknya berharap, pelaku diproses hukum secara transaparan dan tidak boleh mendapatkan perlakuan khusus serta campur tangan pihak lain agar masyarakat Papua bisa puas dengan hasil keputusannya.

“Saya mengajak seluruh kepala-kepala suku dan tokoh-tokoh masyarakat mendukung aparat kepolisian untuk memproses pelaku sesuai dengan hukum yang berlaku,” katanya.

Lanjut Abner Wetipo, dia juga meminta kepada para adik-adik Mahasiswa dan tokoh-tokoh pemuda tidak melakukan tindakan yang tidak perlu untuk menghindari timbulnya permasalahan lain. “Kami sebagai kepala suku mengharapkan agar himbauan ini diteruskan kepada yang lain sehingga kita bisa menciptakan situasi yang kondusif untuk menjadikan Papua tanah yang damai” tutupnya.

Sebelumnya, Kepala Suku Mee di Kabupaten Mimika, Piet Nawipa, mengatakan dirinya mengajak semua komponen masyarakat untuk bersama-sama menciptakan kedamaian di wilayah Papua, tanpa ada lagi konflik dan kekerasan yang terjadi.

“Harus ada kerja sama yang harmonis antara pemerintah daerah, tentara, polisi, dengan masyarakat dari berbagai suku. Jadi ada kerjasama antara aparat dengan masyarakat dan semua pihak, agar menciptakan kedamaian di Bumi Cendrawasih”, tutur Piet Nawipa. Dirinya juga menegaskan bahwa masing-masing suku di Papua juga dituntut untuk menjaga dan melindungi masyarakat akar rumputnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s