Otsus Papua Berdampak Positif bagi Pembangunan Papua

Oleh : Sabby Kosay )*

Otonomi khusus adalah program istimewa yang diberikan bagi rakyat Papua, yang dimulai sejak 2001. Tahun 2021 ini dimulai otsus jilid 2, dan seluruh rakyat di Bumi Cendrawasih menyetujui perpanjangannya. Karena mereka sadar bahwa Otsus memiliki banyak sekali manfaat.

Papua adalah wilayah yang eksotis dan berpotensi besar untuk maju, karena mengandung banyak sumber daya alam. Untuk mempercepat modernitas di Bumi Cendrawasih, maka pemerintah memperpanjang otonomi khusus tahun 2021 ini. Tujuannya agar ada pembangunan yang berkelanjutan dan membuat Papua makin maju.

Cornelia Eveline Cabuy dari Komunitas Pemuda dan Mahasiswa papua se-Jakarta mendukung berlanjutnya kebijakan otonomi khusus. Karena penerapan otsus merupakan jalan terbaik untuk membangun Bumi Cendrawasih ke depannya. Baik secara fisik, maupun sumber daya manusianya.

Cornelia melanjutkan, proses pembangunan yang sudah berjalan harus terus dilaksanakan. Terutama di pembangunan pendidikan dan kesehatan. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang. Dalam artian, justru otsus tak boleh dihentikan. Karena kucuran dananya akan menyelamatkan rakyat Papua dari ancaman badai corona.

Masyarakat Papua juga mendukung penuh perpanjangan otonomi khusus. Penyebabnya karena mereka sudah menikmati hasil dari otsus jilid 1. Pembangunan yang paling terlihat mencolok adalah di bidang infrastruktur. Ada Jalan Trans Papua yang panjangnya lebih dari 4.000 KM dan memudahkan transportasi warga sipil di Bumi Cendrawasih.

Infrastruktur lain yang membanggakan adalah Jembatan Youtefa. Jembatan warna merah ini berdiri gagah dan memudahkan transportasi masyarakat. Selain untuk kelancaran mobilitas, jembatan ini jadi objek wisata. Sehingga menarik para turis yang akan berfoto di sana dan menikmati keindahan serta eksotisme Papua.

Selain itu, ada pula Bandara Sentani. Bandara ini sudah bertaraf internasional dan memudahkan para wisatawan untuk berkunjung ke Papua. Sehingga mereka bisa terbang dan mendarat di Bandara, lalu menikmati berbagai fasilitasnya. Jika ada banyak turis maka Papua akan ramai dan jadi tujuan wisata favorit di Indonesia.

Otsus Papua tak hanya untuk pembangunan infrastruktur, namun juga disalurkan ke bidang pendidikan. Banyak sekolah yang dibangun berkat dana otsus. Beasiswa yang diberi dari dana otsus sudah dinikmati oleh banyak putra Papua, sehingga mereka bisa sekolah tanpa harus kesulitan mencari sumber untuk SPP.

Beasiswa otsus juga diberikan untuk putra Papua yang akan belajar di Perguruan Tinggi. Tak hanya di Indonesia, namun juga di Universitas luar negeri. Salah satu yang berprestasi berkat beasiswa otsus adalah Martha Itaar. Ia bisa kuliah di Aviation College, di Selandia Baru. Lalu saat ini berhasil jadi pilot wanita pertama dari Papua, yang bekerja pada sebuah perusahaan penerbangan.

Selain Martha, ada pula Billy Mambrasar. Ia pernah menikmati beasiswa otsus, lalu mendirikan sebuah yayasan sosial. Saat ini, Billy bekerja di Istana sebagai Staf Khusus Milenial Presiden Jokowi. Prestasi Billy sangat membanggakan warga Papua, karena ia bisa jadi pejabat di istana, di usia muda.

Banyaknya manfaat otonomi khusus membuat masyarakat Papua setuju jika program ini dilanjutkan. Karena otsus terbukti bermanfaat dan membuat Bumi Cendrawasih makin maju. Berkat banyaknya pembangunan infrastruktur, yang memudahkan mobilitas warga. Selain itu, beasiswa otsus juga memudahkan para putra Papua untuk mendapatkan pendidikan setinggi-tingginya.

Mari kita dukung otonomi khusus jilid 2, karena membawa banyak kemajuan bagi Papua. Masyarakat di Bumi Cendrawasih makin cerdas karena diberi beasiswa otsus. Mereka juga menikmati berbagai infrastruktur yang dibangun di Papua, sehingga mobilitas makin cepat dan usaha jadi lancar. Berkat otsus, Papua tidak lagi memiliki streotype negatif dan dicap sebagai daerah terbelakang.

)* Penulis adalah masyarakat Papua tinggal di Yogyakarta

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s