ICF dan SMI lewat Radio Muara Kupas Tentang Prokes Pasca Vaksinasi

Upaya mencegah penyebaran Covid-19 dan menanggulangi dampak pandemi bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah semata, tetapi memerlukan peran serta setiap elemen masyarakat. Apabila setiap warga masyarakat berperan aktif dalam upaya pencegahan, maka pandemi diyakini, akan berhasil dikendalikan.

Para ahli kesehatan menganjurkan penggunaan masker, menjaga jarak saat interaksi sosial, dan rajin mencuci tangan dengan sabun dan air bersih yang mengalir sebagai kunci utama memutus mata rantai penyebaran virus. Hal ini tampak mudah, tetapi pada dasarnya sulit diterapkan secara konsisten di masyarakat karena merupakan sebuah tindakan yang relatif baru dan belum menjadi kebiasaan apalagi perilaku di masyarakat.

Dalam upaya mempercepat pengendalian pandemi Covid-19, pemerintah tengah melakukan program Vaksinasi Nasional, dimana vaksin diterima masyarakat tanpa biaya. Namun, meskipun sudah divaksin, protokol kesehatan masih harus tetap diterapkan untuk memutus rantai penularan Covid-19 hingga tuntas.

Untuk itu, peran aktif media dan tokoh masyarakat sangat penting, dalam memberikan dukungan informatif dalam upaya mereka menyebarluaskan informasi mengenai pandemi dan pencegahannya.

Media merupakan pihak yang harus menjadi sumber valid dalam mengedukasi masyarakat perihal vaksinasi. Media harus berperan untuk memberikan informasi yang jelas dan benar. Masyarakat membutuhkan pihak yang dapat dipercaya, khususnya mengenai hal seperti vaksin, yang tentu dibutuhkan informasi yang jelas dan valid untuk dapat dicerna dan dapat dipahami. Sehingga, pemerintah dapat mudah untuk melakukan program vaksinasi demi keberlangsungan aktivitas seluruh masyarakat.

Indonesia Care Forum (ICF) bersama SMI akan menggelar dialog secara Live melalui Radio Muara 693 FM, dengan mengangkat tema ‘Peran Aktif Media, Publik Figur Ajak Terapkan Prokes Pasca Vaksinasi Covid-19”.

Acara yang bakal menghadirkan CEO SMI, Bapak Saiful SH dan artis cantik Shinta Bebi, akan disiarkan langsung pada Rabu, 24 Februari 2021 pukul 13.00-14.00 WIB. ()

Tinggalkan Balasan