Inilah Pentingnya Pembangunan Infrastruktur Ditengah Pandemi Covid-19

JAKARTA – Setahun sudah pandemi Covid-19 mewabah Indonesia dan global berdampak pada semua sektor terutama ekonomi.

Sebagai pondasi negara maju, salah satu faktor yang dapat mempengaruhi dan mendongkrak perekonomian adalah pentingnya pembangunan infrastruktur.

Terlebih dalam empat tahun terakhir ini, pemerintah fokus membangun berbagai infrastruktur di seluruh wilayah Indonesia.

“Infrastruktur itu tidak hanya jalan, jembatan pelabuhan dan airport. Akan tetapi Infrastruktur bidang kesehatan, digital dan ketahanan pangan ditengah pandemi Covid-19 yang mampu membawa kita untuk berkompetisi dan menang bersaing dengan negara lain,” ujar Saiful, pelaku bisnis dan ekonomi dalam ‘Ngobrol Cerdas’ dengan tema ‘Pentingnya Pembangunan Infrastruktur Ditengah Pandemi Covid-19’ di Radio Muara Jakarta, Senin (22/3/2021).

Saiful menyampaikan, setiap negara maju pasti memiliki infrastruktur yang baik. Karena itu, pemerintah sudah membangun berbagai infrastruktur yang dibutuhkan seperti jalan tol, bandara, pelabuhan, bendungan, dll.

“Pembangunan infrastruktur tersebut tentu akan mempermudah masyarakat dalam beraktivitas ditengah pandemi Covid-19 ini,” kata Saiful.

Ditempat yang sama Inggar Saputra, Akademisi Universitas Jakarta menekankan bahwa pembangunan infrastruktur adalah bagian dari sila ke lima Pancasila yakni Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

“Seberapa penting pembangunan infrastruktur saat ini, tentu sangat penting sebagai konektivitas antar daerah, yang tadinya ke Jakarta dari Cirebon misal memakan waktu 5 jam sekarang bisa dipersingkat. Kemudian peran penting lainnya adalah sebagai tanggung jawab negara kepada rakyatnya,” ujar Inggar.

Inggar menilai apa yang sudah dilakukan pemerintahan Presiden Joko Widodo dalam pembangunan infrastruktur sudah sangat merata dan tidak lagi jawa sentris.

Politisi Golkar, Camelia Panduwinata Lubis mengaku sepakat bahwa dimasa pemerintahan Joko Widodo bahwa pembangunan infrastruktur tidak lagi jawa sentris.

“Sepakat ya artinya sejak kepemimpinan beliau seluruh wilayah Indonesia merata pembangunannya, Kalimantan, Papua, Sumatera tidak lagi fokus di Jawa saja,” terang Camel.

Artinya kata Camel yang juga pedangdut ini, pentingnya pembangunan infrastruktur adalah tidak lain dalam mendorong pemulihan ekonomi terutama ditengah pandemi. Demikian Camel.[]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s