PON XX 2021 di Papua Memperkuat Keutuhan NKRI

Oleh: Tyo Prasetyo (Warganet Kota Surabaya)

Pekan Olahraga Nasional (PON) merupakan ajang lompatan anak bangsa dari berbagai daerah dalam menunjukkan prestasi untuk negeri agar dapat berbicara di kancah internasional serta dapat membawa merah putih di podium tertinggi. Bukan hanya itu, PON mampu menjadi ajang promosi wilayah daerah serta menggerakkan roda perekonomian masyarakat.

Pelaksanaan PON XX Tahun 2021 yang akan berlangsung di Papua akan diselenggarakan di 4 wilayah, yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Merauke, dan Kabupaten Mimika.

Meski diundur setahun dari jadwal semula, akibat pandemi Covid-19, namun adanya ajang ini tetap bermanfaat bagi masyarakat di Bumi Cendrawasih. Mereka juga bangga karena dipercaya jadi tuan rumah di acara akbar tersebut.

PON sangat penting bagi Papua karena akan menjadi nilai tambah bagi pemerataan pembangunan di Papua, maupun meningkatnya ekonomi masyarakat, karena kesuksesan PON tidak hanya sebatas sukses penyelenggaraan, tetapi memberikan kesempatan para anak bangsa bertalenta untuk menunjukan bakti terbaiknya bagi NKRI.

Selain itu, PON XX Papua juga dapat berdampak pada meningkatnya ekonomi masyarakat setelah sebelumnya sempat lesu karena pandemi. Masyarakat di kampung-kampung bisa menjajakan aksesoris khas lokal Papua atau menjual makanan-makanan khas lokal Papua di tempat-tempat wisata.

Suksesnya penyelenggaraan PON XX Tahun 2021 di Papua diharapkan memberi dampak positif terhadap Indonesia melalui karakter bangsa yang dibangun lewat olahraga serta menunjukkan semangat optimisme dan yakin Indonesia akan bangkit dari pandemi setelah meratanya program vaksinasi Covid-19.

Dengan berbagai dampak positif dari penyelenggaraan PON XX Tahun 2021 di Papua, sepatutnya seluruh masyarakat termasuk warganet di jagat media sosial ikut mendukung lancarnya penyelanggaran PON XX tersebut, sebagai wujud persatuan dan kesatuan bahwa Papua adalah Indonesia, Papua Damai, Papua Hebat dan Sukses menuju Indonesia Maju.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s