Berbagai Kalangan Mendukung Otsus Papua

Oleh: Abner Wanggai (Mahasiswa Papua di Yogyakarta) 

Pemerintah akan memperpanjang kebijakan Otonomi Khusus (Otsus) Papua Jilid 2 dengan pengawasan ketat. 

Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD menyampaikan bahwa terkait rencana perpanjangan Otsus Papua, pemerintah akan melakukan revisi sejumlah pasal dalam Undang-undang Nomor 21 Tahun 2001 tentang Otonomi Khusus bagi Provinsi Papua. 

Pelaksanaan Otsus Papua Jilid 2 akan dimaksimalkan utamanya dalam optimalisasi penggunaan dana Otsus. Penyelewengan anggaran diharapkan tidak terjadi lagi untuk Otsus selanjutnya.

Sejak berlakunya Otsus Papua dan Papua Barat, pemerintah telah mengucurkan dana besar khusus pembangunan daerah tersebut. Tujuan dari pemberian dana adalah untuk percepatan pembangunan ekonomi di wilayah Papua dan Papua Barat dan juga peningkatan kesejahteraan serta kemajuan masyarakat, baik di Provinsi Papua maupun Papua Barat. 

Dana Otsus yang bergulir sejak 2002 itu dimaksudkan untuk meningkatkan kesejahteraan Orang Asli Papua (OAP), terutama di bidang pendidikan dan kesehatan, sedangkan Dana Tambahan Infrastruktur (DTI) untuk mendukung pengembangan infrastruktur daerah. 

Oleh karena itu, masyarakat Papua sangat mendukung Otsus Papua Jilid 2 karena masyarakat Papua telah merasakan manfaat dari Otsus sebelumnya. Diantaranya, mobilitas dipermudah dengan dibangunnya Jalan Trans Papua, Bandara Internasional Sentani, dan beberapa pelabuhan. Masyarakat semakin lancar dalam urusan transportasi dan memiliki alternatif selain menggunakan transportasi udara yang relatif mahal. Karena jalan darat dan laut sudah bagus dan lancar dilalui. 

Pembangunan tidak hanya di sektor infrastruktur penunjang mobilitas, tetapi juga fasilitas-fasilitas olahraga. Sehingga diharapkan masyarakat Papua semakin sehat dan bisa mengembangkan bakat yang dimilikinya di bidang olahraga. 

Selain itu, Otsus Papua telah memberi beasiswa kepada segenap anak Papua. Sehingga mereka bisa sekolah dari SD sampai SMA, dan perguruan tinggi bagi yang lolos seleksi. Rata-rata mereka kuliah di Jawa dan setelah lulus mengabdi di Pemprov Papua, sekolahan atau instansi lain, sebagai bentuk balas budi dan juga untuk mencerdaskan anak-anak di Bumi Cendrawasih, sehingga ada regenerasi calon pemimpin yang berkualitas. 

Salah satu contohnya, beasiswa otsus telah membawa Billy Mambrasar menuntut ilmu dengan baik dan alhasil sekarang ia menjadi anggota Staf Khusus Presiden. Prestasi yang diraih di usia muda membuatnya jadi contoh keberhasilan Otsus Papua, bahwa peraih beasiswa Otsus bisa sukses di ibukota. Dengan catatan, harus rajin belajar dan selalu ingin tahu, serta memiliki attitude yang baik. 

Sementara itu, beasiswa otsus juga diberikan kepada lulusan SMA yang ingin mengabdi kepada negara dengan menjadi anggota TNI. Mereka diberi kuota khusus, juga uang saku saat pendidikan berlangsung. Para pemuda Papua berlatih dengan keras dan berusaha mengamankan daerahnya dari serangan kelompok separatis. 

Diberikannya beasiswa baik untuk pemuda yang ingin kuliah, maupun yang ingin jadi tentara membuat anak-anak Papua semakin semangat. Karena mereka mendapat perhatian dengan diberikan pilihan untuk belajar di perguruan tinggi atau mengabdikan diri pada negeri menjadi seorang prajurit TNI.Keanekaragaman manfaat otsus mampu menjadi solusi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Papua. Otsus merupakan satu bentuk kepedulian pemerintah pusat untuk Papua dalam rangka memaksimalkan potensi yang dimilikinya. Otsus juga menjadi solusi pembangunan berbagai sektor kesejahteraan masyarakat sehingga menjadi langkah tepat untuk mendongkrak kemajuan Papua.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s