Corona B1617 Terdeteksi di Inggris, India dan Indonesia

Varian baru covid 19 yang berasal dari India telah teridentifikasi di Inggris. Varian yang bernama Corona B1617 tersebut diketahui memiliki proses mutasi ganda. Para ahli menegaskan kemungkinan besar varian Corona B1617 bisa menghindari respons kekebalan tubuh lebih baik sehingga antibodi pasca vaksinasi COVID-19 menjadi tidak efektif.

Telah terdapat 77 kasus varian Corona B1617 yang berhasil ditemukan di Inggris. Badan kesehatan masyarakat setempat mendeteksi varian Corona India ini pertama kali teridentifikasi di Skotlandia.

Sementara itu, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung-Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi, mengatakan bahwa varian B1525 telah ditemukan pada seorang pekerja migran Indonesia yang bepergian dari Malaysia ke Batam, Kepulauan Riau.

“Ya, satu spesimen pos di Februari dari PMI atau Pekerja Migran Indonesia Malaysia ini pasien covid-19 di batam” kata Siti Nadia Tarmizi.

Menyikapi hal tersebut, guru besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Tjandra Yoga Aditama, menyebut setiap virus selalu bermutasi. Mutasi virus covid-19 dapat berdampak pada kemampuan deteksi tes PCR hingga tingkat keparahan penyakit. Kasus positif covid-19 harian di India sempat mencapai angka 200 ribu per hari, menambah peningkatan kasus positif dunia hingga 9% lebih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s