Komponen Bangsa Mendoakan Awak KRI Nanggala Selamat dan Segera Ditemukan

Sudah lewat 72 jam pencarian, namun KRI Nanggala-402 milik TNI Angkatan Laut (AL) belum juga ditemukan. Selaras dengan tim penyelamat yang tengah melakukan pencarian, doa dari warganet pun ikut mengiringi dan mengalir deras di jagad media sosial, salah satunya Twitter.

Berdasarkan pantauan di Media Social Hingga Sabtu (24/4/2021) siang, setidaknya ada lebih dari 421.000 twit dari warganet dengan menggunakan tagar #PrayForKRINanggala402. Kerabat dari awak kapal yang turut dalam kapal juga meminta doa agar KRI Nanggala 402 segera ditemukan dan seluruh awak dalam keadaan selamat.

“Temen-temen, minta doanya agar papaku dan para awak kapal KRI Nanggala – 402 segera ditemukan dan kembali ke rumah dengan keadaan sehat,” tulis akun @siughtheeambiss. “Mohon doanya, salah satu kru #KRINanggala402 yg blm ditemukan di selat bali masih keponakanku. Sertu Dedi, Al-Fatihah. Smoga semua segera ditemukan dengan selamat,” tulis akun @danubudiyono.

Selain dari warganet, dukungan doa juga datang dari para tokoh negara dan tokoh politik, seperti Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dan Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Wakil Presiden Ma’ruf Amin, mengajak seluruh masyarakat untuk mendoakan keselamatan awak KRI Nanggala-402. Dia pun berharap seluruh awak ditemukan dalam kondisi selamat. “Mari kita berdoa bersama untuk keselamatan kapal selam KRI Nanggala-402 dan awaknya,” ujar Ma’ruf dalam keterangan melalui video, Sabtu (24/4). Lebih lanut, Maruf juga berdoa agar seluruh keluarga awak kapal diberi kesabaran dan ketabahan. Dia menyampaikan keprihatinan yang mendalam atas peristiwa tersebut. Baca juga: KRI Rigel Menuju Area Kemagnetan Tinggi yang Diduga KRI Nanggala “Semoga segera ditemukan dan awak-awaknya selamat. Al-fatihah,” kata Ma’ruf seraya memanjatkan doa.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, mengajak masyarakat untuk mendoakan keselamatan kru kapal selam KRI Nanggala-402. Dorongan Erick Thohir agar masyarakat ikut berdoa, disampaikan melalui akun resmi Instagram miliknya @erickthohir. Dalam doanya, Erick berharap agar para kru yang berada di kapal selam KRI Naggala-402 bisa ditemukan dan kembali kepada keluarganya. “Mari kita kirimkan doa untuk seluruh awak kapal selam KRI Nanggala 402, semoga bisa segera ditemukan dan kembali kepada keluarga,” kata Erick dalam caption Instagram yang diunggah, Sabtu (24/4/2014). Tak hanya di Instagram, mantan bos klub sepakbola Inter Milan ini juga memposting doa yang sama di akun Twitter miliknya.

Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengimbau para kader Partai Demokrat dan masyarakat agar mendoakan awak KRI Nanggala-402 yang dinyatakan tenggelam di perairan Bali. “Padai bulan suci Ramadan ini, saya mengajak seluruh kader Demokrat dan segenap masyarakat Indonesia untuk mendoakan agar penyelamatan dan evakuasi KRI Nanggala-402 segera berhasil dilakukan,” kata AHY dalam keterangan di Jakarta, Sabtu (24/4/2021). Menurut dia, yang menjadi pikiran bukan hanya 53 nyawa patriot pelindung negara, melainkan juga memikirkan harapan orang tua, istri, anak, dan saudara yang menggantungkan hidup pada mereka. “Satu nyawa prajurit TNI sangat berharga,” ujar AHY. Untuk itu, AHY mengajak seluruh umat beragama, terutama beragama Islam untuk terus mendoakan bagi keselamatan para patriot bangsa di KRI Nanggala-402. (*)

Tinggalkan Balasan