Pembangunan IKN Akan Serap 500.000 Lapangan Kerja

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa, mengatakan bahwa pembangunan IKN justru dibutuhkan karena adanya pandemi.

Perencanaan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) diharapkan dapat membantu pemulihan ekonomi yang terdampak pandemi Covid-19.

Pembangunan IKN diharapkan dapat juga sebagai pemicu perkembangan daerah penunjang di sekitarnya yakni Balikpapan dan Samarinda. Disiplin perencanaan dan pembangunan adalah hal yang sangat penting. Pemerintah ingin menawarkan sebuah kota yang ramah lingkungan dan melakukan reforestasi, tidak justru merusak hutan.

“Pemindahan ibukota justru semakin dibutuhkan karena adanya pandemi. Sebenarnya jika ingin melakukan pemulihan ekonomi maka membutuhkan playground, salah satunya adalah IKN yang diciptakan untuk menggerakan ekonomi dan menggerakan industri lain,” ujar Suharso.

Suharso juga menambahkan bahwa pembangunan IKN setidaknya akan menyerap 500.000 lapangan kerja.

“Hal ini tentu sesuatu yang berharga di saat-saat (pandemi) ini. Ini mengembalikan jam kerja yang hilang dan menciptakan lapangan kerja baru. Investasinya juga begitu luas, ada air bersih, listrik, pembangunan gedung, jalan, dan banyak fasilitas pendukung lainnya. Ada kawasan komersil, pendidikan, dan kesehatan di sana,” tambah Suharso.

Tinggalkan Balasan