IKN Baru Guna Menyongsong Kompetisi Global

Pemerintah telah memutuskan untuk memindahkan ibu kota negara dari Jakarta ke Kalimantan Timur. Pemerintah menargetkan pemindahan ibu kota baru itu akan dilakukan pada 2024 mendatang.

Sejak pengumuman wilayah ibu kota baru oleh Presiden Jokowi pada tahun 2019, pemerintah seakan gencar nmelakukan literasi kepada masyarakat terkait kebijakan tersebut. Bahkan, pemerintah melakukan kompetisi untuk desain ibu kota baru.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengatakan bahwa memindahkan ibu kota negara membutuhkan persiapan panjang. Dirinya menekankan bahwa pemindahan ibu kota negara harus memikirkan kepentingan jangka panjang. Pemindahan ibu kota juga harus mempertimbangkan dua hal, yakni pusat pengelolaan pemerintahan dan pelayanan publik serta pusat pengelolaan bisnis.

“Sebagai negara besar menyongsong kompetisi global ketika kita sepakat menuju negara maju untuk pertanyaan pertama yang harus dijawab adalah apakah di masa yang akan datang DKI Jakarta sebagai ibu kota negara mampu memikul dua beban sekaligus yaitu sebagai pusat pemerintahan dan pelayanan publik sekaligus pusat bisnis?” ujar Presiden Jokowi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s