Pedoman Beraktifitas Selama Idul Fitri

MENJELANG Idul Fitri 1442 Hijriah, mobilitas masyarakat semakin meningkat. Hal ini dikarenakan semakin banyak orang belanja kebutuhan hari raya, maka artinya protokol kesehatan secara ketat harus diterapkan agar tetap aman saat belanja dan jangan sampai terpapar covid-19. Berikut ini adalah beberapa cara guna mengantisipasi dan mengeliminir resiko beraktifitas guna persiapan Idul Fitri dimasa pandemi.

Memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau membawa hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60 persen, menjaga jarak fisik dengan orang lain, serta hindari menyentuh bagian wajah merupakan protokol wajib yang harus dijalani selama beraktifitas dimasa perayaan Idul fitri.

Usahakan menjaga jarak minimal 2 meter dengan orang lain, termasuk saat mengantre untuk membayar di kasir. Para ahli menekankan bahwa virus ditularkan terutama dari orang ke orang melalui tetesan pernapasan yang dihasilkan ketika orang yang terinfeksi batuk atau bersin, itulah sebabnya jarak sosial adalah alat yang sangat penting untuk membantu menghentikan persebaran covid-19. Maka itu, ikuti titik masuk atau keluar yang ditandai dan ikuti tanda arah atau tanda di lantai yang dirancang untuk menjaga jarak orang setidaknya bisa berjauhan 2 meter.

Selain itu, Presiden Joko Widodo juga melarang ASN, TNI/Polri, pegawai BUMN, Karyawan swasta dan seluruh masyarakat untuk tidak melakukan mudik lebaran. Dirinya memaparkan alasan pemerintah melarang mudik lebaran di tengah pandemi virus corona adalah untuk mencegah penyebaran Covid-19 semakin meluas.

“Oleh karena itu, kita harus betul-betul menjaga momentum bersama, momentum yang sangat baik, untuk itulah pada lebaran kali ini pemerintah memutuskan melarang mudik bagi ASN, TNI/Polri, pegawai BUMN, karyawan swasta dan seluruh masyarakat,” ujar Presiden Jokowi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s