Potensi Lonjakan Cov-19 Pasca Hari Raya Idul Fitri

Pasca lebaran tahun ini, terdapat 8 daerah memiliki potensi kasus Covid-19 dengan angka kasus melonjak, diantaranya Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Riau, Sumatera Selatan, Jambi, Kalimantan Barat, Lampung dan Nusa Tenggara Timur. Hal ini dikatakan Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, pada keterangannya awal pekan ini.

Berkaca pada tren lonjakan kasus Covid-19 pasca libur panjang, Kementerian Kesehatan meminta 8 daerah ini beri tambahan ketersediaan ruang perawatan Covid-19.

“Beberapa provinsi jauh lebih tinggi kasusnya, ini yang harus menjadi perhatian kami Pemerintah Pusat dan harus menjadi perhatian Pemerintah Daerah. Kepada Gubernur, Bupati dan Walikota tolong ini dijaga,” ujar Budi Gunadi.

Secara keseluruhan, berdasarkan data Kementerian Kesehatan jumlah tempat tidur yang tersedia sebanyak 390 ribu unit, dengan rincian 70 ribu diantaranya digunakan untuk pelayanan Covid-19.

Saat ini tingkat keterisian tempat tidur untuk pasien Covid-19 sekitar 23 ribuan, sementara untuk ruang ICU, secara nasional ada sekitar 22 ribu, yang diperuntukkan untuk Covid-19 sebanyak 7.500 unit. Dengan tingkat keterisian ICU sekitar 2.500.

Tinggalkan Balasan