Pasca Lebaran, Lonjakan Covid Hingga 1-2 Bulan Kedepan

Mengacu pada data Satgas Covid-19, hingga Sabtu (15/5) terdapat tambahan 2.385 kasus baru yang terinfeksi covid-19 di Indonesia. Sehingga total kasus positif covod-19 menjadi 1.736.670 kasus.
Sementara jumlah penyintas kasus Corona bertambah juga sebanyak 4.181 orang sehingga menjadi sebanyak 1.597.067 orang dan jumlah orang yang meninggal akibat virus Corona di Indonesia bertambah 144 orang menjadi 47.967 orang.

Menyikapi fenomena tingginya kasus positif covid-19 pasca perayaan hari raya Idul Fitri, pemerintah menghimbau masyarakat untuk bertanggung jawab tinggi dan kolektif untuk mematuhi protokol kesehatan. Hal ini guna menekan wabah Corona dengan menekan angka penularan.

Pemerintah menekankan pentingnya perilaku 5M yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan membatasi mobilitas.

Menyikapi hal tersebut, Ketua Tim Mitigasi IDI, Adib Khumaidi, mengatakan bahwa saat ini sudah terlihat kenaikan kasus COVID-19 kembali seperti tahun lalu walau program vaksinasi terus berjalan.

“Kami mengingatkan agar seluruh fasilitas pelayanan kesehatan (rumah sakit, puskesmas, klinik) serta para dokter dan tenaga kesehatan lainnya menyiapkan ketersediaan ventilator, obat-obatan, Alat Pelindung Diri (APD), tempat tidur, ruangan. Upaya ini untuk mengantisipasi lonjakan kasus pasca libur Hari Raya Idul fitri sampai 1-2 bulan ke depan.” Ujar Adib.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s