Patuhi Protokol Kesehatan demi Menurunkan Kasus Positif Covid-19

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengingatkan agar protokol kesehatan disiplin dijalankan. Selain itu juga meminta agar pemerintah daerah menggenjot testing dan tracing.

“Kita kembali kita memonitor setiap minggu adanya mutasi baru. Minggu lalu kita ketemu dua lagi mutasi baru. Dua-duanya terjadi di Jawa Timur. Dua-duanya merupakan pekerja migran Indonesia yang datang dari Malaysia. Mereka membawa satu mutasi dari Afrika Selatan dan satu mutasi dari London,” katanya dalam konferensi persnya, Senin (17/5/2021).

Budi mengingatkan penularan dari varian baru ini lebih tinggi. Oleh karena itu, yang harus dilakukan adalah memastikan protokol kesehatan dijalankan dengan baik.

“Memakai masker terutama.Untuk kita sebagai kepala daerah, kepala RT, lurah, kapolda, pangdam, gubernur tolong pastikan protokol PPKM mikronya dijalankan sebaik-baiknya,” ujarnya.

Sementara itu, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito meminta masyarakat turut serta meringankan beban kerja dokter, perawat, petugas rumah sakit, petugas laboratorium, petugas klinik serta para tenaga kesehatan lainnya. Sebab kelompok tersebut selama pandemi tidak pernah libur dan terus bekerja demi memastikan keselamatan masyarakat.

Untuk itu, masyarakat diminta tetap patuh pada disiplin protokol kesehatan 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan) agar tidak tertular Covid-19. Hal itu juga mesti dilakukan oleh warga yang sudah melakukan vaksinasi Covid-19. Dengan begitu, beban kerja tenaga kesehatan bisa berkurang.

Tinggalkan Balasan