Antisipasi Gelombang Kedua Covid-19 dengan Pengetatan Protokol Kesehatan dan Vaksinasi

Tsunami covid-19 gelombang kedua yang menyerang India menjadi sebuah peringatan bagi seluruh negara di dunia. Terlebih ditemukannya varian virus yang muncul di India dengan nama B.1.617.
Varian ini merupakan ‘mutan ganda’ karena adanya dua mutasi utama sejak terjadi lonjakan virus. Menurut laboratorium, varian virus ini sedikit lebih mudah menular dan antibody manusia sulit menangkal virus tersebut.

Varian Covid-19 lainnya juga muncul mutasi dari Inggris dan Afrika Selatan. Ketiga varian ini sudah masuk ke Indonesia.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyatakan saat ini sudah ada 16 kasus Covid-19 di Indonesia yang disebabkan penularan mutasi baru dari Inggris, India, dan Afrika Selatan. Hal ini menjadi tantangan baru bagi pemerintah yang saat ini terus berupaya memutus penularan virus Covid-19.

Selain mutasi virus, tantangan pemerintah lainnya adalah arus balik dari pemudik Lebaran dan kerumunan tempat wisata seperti yang terjadi di Ancol pada hari kedua hari raya Idul Fitri 1442 H.

Meski pemerintah fokus dengan program vaksinasi Covid-19 yang saat ini juga sudah diizinkan Vaksinasi Gotong Royong, disiplin protokol kesehatan masih perlu disosialisasikan ke masyarakat.

Talk Show Interaktif yang digelar Dapur Remaja pada frekuensi 107.8 FM akan mengupas bagaimana mengantisipasi gelombang kedua Covid-19 dengan program vaksinasi dan disiplin protokol kesehatan.

Talk Show akan menghadirkan Epidemiolog Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) Dr.dr Tri Yunis Miko Wahyono dan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Depok, Rusdi Nurdiansyah.

Talk Show berlangsung pada Jumat (21/5/2021) pukul 16.00 – 17.00 WIB. Acara dikemas menarik dan santai. Talk Show ini juga bisa disaksikan pada streaming http://www.dapurremaja.net/radio 107.8 FM. Kontak yang bisa dihubungi terkait Talk Show ini adalah 0895-0825-1237. ()

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s