Negara Di Dunia Bersama-sama Mendukung Perjuangan Palestina

Ada sejumlah negara yang mendukung Palestina di tengah konflik memanas dengan Israel. Dukungan dan kecaman atas kekerasan dan serangan udara terus disampaikan para pemimpin negara-negara di dunia sejak bentrokan pecah di akhir bulan Ramadan lalu.

Bentrokan pecah dimulai dari permasalahan sengketa tanah antara pemukim Palestina dan Yahudi di Sheikh Jarrah, Yerusalem Timur. Warga Palestina yang tak terima melakukan protes dengan memadati perbukitan sekitar masjid Al-Aqsa usai salat Jumat. Namun saat buka puasa, bentrokan di masjid Al-Aqsa tak dapat dihindarkan.

Indonesia-Malaysia-Brunei
Indonesia menjadi salah satu negara yang mendukung Palestina. Kementerian Luar Negeri bahkan akan mengirimkan bantuan sebesar 500 ribu USD ke Palestina untuk pembangunan perekonomian negara yang dilanda konflik sejak 100 tahun lebih itu.

Dalam pernyataan bersama Indonesia, Malaysia dan Brunei juga jadi negara yang dukung Palestina. Mereka mengutuk kekerasan yang dilakukan Israel.

“Sore ini, bersama Perdana Menteri Malaysia dan Sultan Brunei Darussalam, kami merilis Joint Statement on the Escalation of Violence by Israelis in the Occupied Palestinian Territory,” tulis Presiden Jokowi dilihat di akun twitternya, Minggu (16/5/2021).

“Kami menegaskan kembali solidaritas kami kepada rakyat Palestina dan dukungan penuh untuk pembentukan Negara Palestina yang merdeka dan berdaulat,” ucapnya.

China
China juga menjadi negara yang mendukung Palestina. Tahun lalu, China bahkan secara tegas menentang rencana aneksasi wilayah Tepi Barat oleh Israel di hadapan komunitas internasional.

Saat konflik baru-baru ini kembali memanas, China terus menunjukkan dukungan kepada Palestina dan menuduh AS mengabaikan penderitaan umat Islam. Hal ini dilakukan usai AS sempat memblokir rencana pertemuan Dewan Keamanan PBB untuk membahas konflik Palestina dan Israel.

“Apa yang kami rasakan adalah bahwa AS terus mengatakan bahwa mereka peduli dengan HAM Muslim … tetapi mengabaikan penderitaan rakyat Palestina,” kata Juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Hua Chunying.

Yordania
Yordania juga turut menyuarakan dukungan terhadap Palestina di tengah konflik yang memuncak dengan Israel. Bahkan parlemen Yordania menyampaikan mosi untuk mendesak pemerintah mengusir Duta Besar Israel sebagai bentuk protes.

Yordania terus berdiri menjadi salah satu negara yang membela warga Palestina. Termasuk saat sengketa tanah di Sheikh Jarrah dimana negara itu membantu menyediakan dokumen untuk mendukung klaim keluarga Palestina.

Arab Saudi
Arab Saudi juga jadi negara yang mendukung Palestina dengan menyebut Israel melakukan pelanggaran mencolok. Hal itu disampaikan Menlu Arab Saudi, Pangeran Faisal bin Farhan saat memberikan pidato pembuka dalam rapat darurat Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) yang digelar virtual.

“Israel melakukan pelanggaran mencolok terhadap Palestina. Kami mengecam pengambilalihan rumah-rumah warga Palestina di Yerusalem,” cetus Pangeran Faisal dalam pidatonya. “Yerusalem Timur adalah tanah Palestina, sehingga kami tidak menerima tindakan yang membahayakannya,” tegasnya.

Bahrain
Bahrain juga menambah daftar sederet negara yang mendukung Palestina. Otoritasnya berharap konflik bisa ditangani dengan adil.

“Menteri Luar Negeri mengungkapkan solidaritas Kerajaan Bahrain dengan rakyat Palestina, menekankan posisi Kerajaan Bahrain yang sangat mendukung perjuangan Palestina, meyakini hak rakyat Palestina untuk membangun negara merdeka, dengan Yerusalem Timur sebagai ibukotanya, berdasarkan prinsip solusi dua negara dan Inisiatif Perdamaian Arab dan sesuai dengan keputusan sah internasional yang relevan,” sebut pernyataan kantor Menteri Luar Negeri Bahrain, Abdullatif bin Rashid Al Zayani saat menghubungi Menteri Luar Negeri Palestina, Riyadh Al-Maliki.

Qatar
Qatar menambah deretan negara yang dukung Palestina. Dalam pertemuan Menlu Sheikh Mohammed bin Abdulrahman Al-Thani dengan pemimpin Hamas, Ismail Haniyeh pihaknya menyerukan diakhirnya serangan Israel di Gaza.

Pihaknya juga meyakinkan pemimpin Hamas, Ismail Haniyeh, tentang dukungan Qatar untuk saudara Palestina-nya itu. Pertemuan yang berlangsung pada Sabtu (15/5) terjadi di tengah gejolak serangan udara Israel di jalur Gaza.

Mesir
Negara yang mendukung Palestina juga yakni Mesir. Mesir bahkan membuka perbatasan Rafah dengan Gaza pada Sabtu (15/5) untuk memungkinkan 10 ambulans mengangkut warga Palestina yang terluka parah dalam serangan udara Israel, ke rumah sakit Mesir.

Turki
Turki jadi negara yang mendukung Palestina dengan mengecam tindakan Israel. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menekankan perlunya komunitas internasional untuk memberi Israel pelajaran yang kuat dan membuat jera. Dia juga mendesak Dewan Keamanan PBB untuk segera turun tangan dengan “pesan yang tegas dan jelas” kepada Israel. (*)

Tinggalkan Balasan