Masyarakat Mendukung Upaya Pemerintah Menangani Covid-19 dan Program Vaksinasi Nasional

Kebijakan pemerintah untuk bisa mengatasi masalah pandemi Covid-19 memang terus diusahakan. Salah satunya dengan program vaksinasi Covid-19 yang kini tengah masuk dalam tahap pertama yang pemberian vaksinnya bagi para tenaga kesehatan.

Dengan vaksinasi ini diharapkan akan bisa membawa bangsa Indonesia keluar dari krisis yang dampak multidimensi-nya kini dirasakan masyarakat luas terutama di bidang kesehatan secara umum dan di bidang perekonomian dan sosial. Hal itu terungkap saat digelar diskusi melalui Webinar Sesion ICF – Geliat Politik bertajuk “Dukung Vaksinasi Covid-19, Jangan Kendor Protokol Kesehatan”.

Dalam diskusi tersebut sejumlah narasumber seperti Saiful SH selaku pengamat kebijakan publik dan Jubir Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tirmidzi meminta masyarakat untuk mendukung kebijakan vaksinasi Covid-19 yang kini dijalankan pemerintah sebagai upaya keluar dari krisis akibat pandemi Covid-19.

“Pastinya pemerintah berupaya membebaskan masyarakat dari masalah pandemi ini. Salah satunya dengan program imunisasi atau vaksinasi Covid-19 sebagai upaya untuk menanggulangi krisis kesehatan akibat Covid-19 sehingga dapat juga diartikan sebagai upaya menanggulangi krisis ekonomi akibat Covid-19 dan seyogianya apa yang di usahakan pemerintah ini didukung oleh semua lapisan masyarakat demi kebaikan bersama,” tutur Saiful.

Ditambahkannya, usaha pemerintah dengan mendatangkan beragam vaksin Covid-19 dari mulai produksi Sinovac, Novavac, Covax/Gavi, Astrazeneca, dan Pfizer sebanyak 181 juta dosis pastinya telah dipertimbangkan pemerintah demi kebaikan masyarakatnya.

“Oleh sebab itu, yang bisa dilakukan masyarakat adalah dengan mendukung program tersebut dan melakukan peningkatan pengawasan pendistribusian untuk mencegah terjadinya tindakan koruptif yang memanfaatkan kebijakan ekonomi pada saat krisis akibat Covid-19,” lanjutnya.

Siti Nadia Tirmidzi juga menilai pemerintah pasti akan memberikan edukasi dan penyuluhan terkait masalah vaksin ini sehingga masyarakat luas bisa menerima program yang dijalankan pemerintah itu.

“Namun begitu, kita juga terus mengimbau masyarakat untuk tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan sebelum dan sesudah vaksinasi ini. Karena disiplin dalam penerapan protokoler kesehatan oleh masyarakat dengan program 3 M dan 3 T itu penting untuk bisa kembali memulihkan kondisi kesehatan dan perekonomian di masyarakat,” tandas Siti. (*)

Tinggalkan Balasan