Investigasi Komnas KIPI Nyatakan AstraZeneca Aman

Pemerintah sangat berhati-hati dalam memberikan vaksinasi kepada masyarakatnya. Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) adalah kejadian medis yang diduga terkait dengan vaksinasi. Kejadian KIPI serius yang diduga terkait vaksin AstraZeneca telah terkonfirmasi tidak berkaitan langsung dengan vaksin tersebut. Kesimpulan tersebut berdasarkan data yang berhasil dikumpulkan Komnas KIPI.
Ketua Komnas KIPI, Prof. Dr. dr. Hindra Irawan Satari, Sp.A (K)., M.TropPaed., menyatakan bahwa mereka telah membandingkan hasil uji klinik vaksin AstraZeneca sehingga saat ini Komnas KIPI bisa mengambil kesimpulan bahwa beberapa kejadian medis belakangan ini tidak berkaitan dengan vaksin astrazeneca.
“Kasus KIPI terakhir yang sudah kami investigasi, setelah mengkaji data rekam medis pasien, dan pemeriksaan laboratorium, bisa disimpulkan kasus tersebut disebabkan oleh penyebab lain, tidak terkait dengan vaksin AstraZeneca,” ujar Prof. Hindra.
“Proporsi KIPI yang dilaporkan masyarakat Indonesia mengenai AstraZeneca lebih rendah daripada data hasil uji klinik fase I-III vaksin tersebut. Oleh karena itulah AstraZeneca aman digunakan,” tambah Prof. Hindra

Tinggalkan Balasan