Tanpa Dukungan Masyarakat, Rantai Penyebaran Virus Corona akan Terus Terjadi

Oleh: Cintya Dewi (Warganet Kota Tangerang Bekasi)

Pemerintah melaksanakan sejumlah program untuk mencegah dampak pandemi semakin meluas yang membutuhkan dukungan dari seluruh kementerian/lembaga maupun dari partisipasi masyarakat. Perlu untuk saling menguatkan satu sama lain dalam menghadapi Pandemi Covid-19.

Dukungan masyarakat terhadap Pemerintah juga tak kalah penting, terutama bagi tenaga kesehatan agar tetap semangat berjuang di garda depan penanganan pasien Virus Corona.

Dukungan masyarakat juga diperlukan untuk menumbuhkan kembali harapan baru bagi pasien yang telah sembuh dari Covid-19. Termasuk semangat dari pasien sembuh Covid-19 itu sendiri, sehingga masyarakat bisa ikut memberi dukungan agar mereka bisa kembali beraktivitas seperti semula tanpa ada stigma negatif.

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Letnan Jenderal (Letjen) TNI Doni Monardo mengatakan percepatan penanganan Virus Corona membutuhkan peran serta semua pihak. Oleh karenanya, mematuhi protokol kesehatan dengan melakukan prokes 3M, yaitu mencuci tangan, menggunakan masker, dan menjaga jarak aman menjadi salah satu langkah nyata untuk memutus rantai penyebaran tersebut.

Selain itu, para tokoh ulama, tokoh masyarakat atau siapapun dapat menunda segala bentuk aktivitas yang berpotensi menimbulkan kerumunan sehingga melanggar protokol kesehatan. Dukungan masyarakat menjadi hal terpenting dalam penanganan Covid-19. Oleh karenanya, dibutuhkan upaya bersama dalam adaptasi perubahan perilaku di masa pandemi Covid-19 sesuai anjuran pemerintah.

Selain itu, untuk menekan jumlah kasus Covid-19 jika melihat kondisi saat ini, diperlukan kerja sama seluruh elemen masyarakat agar benar-benar menjalankan larangan kerumunan massa. Penting juga untuk para pemimpin di daerah untuk tegas dalam menjalankan dan menyosialisasikan disiplin protokol kesehatan, karena disiplin prokes bagi pemerintah adalah bagian dari melindungi rakyat Indonesia.

Kerja sama yang baik antara pemerintah dan masyarakat dalam menanggulangi pandemi Covid-19 akan berdampak positif terhadap percepatan pemulihan keseluruhan sektor kehidupan di Indonesia, termasuk sektor sosial masyarakat, kesehatan, pendidikan, hingga sektor ekonomi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s