TNI-POLRI Kawal Keamanan di Papua

Pasukan gabungan TNI-Polri berhasil menguasai Bandara Aminggaru, Ilaga, Papua. Sebelumnya pasukan TNI–Polri terlibat baku tembak dengan kelompok Separatis dan Teroris ( KST) Papua
Polisi mengatakan kontak tembak antara aparat TNI-Polri dengan KST di Bandar Udara Aminggaru, Ilaga, Papua berlangsung selama satu jam.
Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 17.40 WIT pada Kamis (3/6). Polisi, kala itu tengah mencoba mendatangi tempat kejadian perkara (TKP) pembakaran sejumlah fasilitas di bandara yang diduga dilakukan oleh KST.
“Pukul 17.50 WIT melihat kejadian tersebut, Tim Gabungan dari TNI-Polri yang dipimpin langsung oleh Kapolres Puncak langsung mendatangi TKP namun sebelum sampai di TKP terjadi kontak tembak antara TNI-Polri dan KST yang berlangsung selama satu jam,” kata Kabid Humas Polda Papua, Kombes Ahmad Musthofa Kamal
Menyikapi serangan teror yang marak semenjak awal Januari di Papua, analis permasalahan Papua dari Makara Strategik Insight, Jim Peterson, mengatakan bahwa peran TNI-Polri didalam menyelesaikan berbagain aksi teror di Papua sangat signifikan. Sesuai sistem keamanan nasional, terdapat 4 variabel didalam sistem kamnas kita, yaitu deteksi ancaman, upaya antisipasi, penegakan hukum serta penindakan. State aktor yang melaksanakan diantaranya TNI, Polri dan Badan Intelijen Negara. Kinerja ketiga state aktor tersebut dinilai sudah cukup bagus didalam menyelesaikan berbagai aksi teror KST di Papua.
“Kinerja TNI-Polri didalam menyelesaikan berbagai aksi teror di Papua sudah signifikan. Terdapat 4 variabel didalam sistem kamnas, yaitu deteksi ancaman, upaya antisipasi, penegakan hukum serta penindakan. Kami menilai kinerja ketiga state aktor mulai TNI, Polri maupun Badan Intelijen Negara, sudah cukup bagus dalam menyelesaikan aksi teror KST di Papua”, ujar Jim.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s