PON XX 2021 Momentum Percepat Pemerataan Pembangunan Di Papua

Oleh Defaryo Kagoya

Penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2021 di Papua merupakan momentum yang tepat bagi bangsa Indonesia dalam mempercepat pemerataan pembangunan Papua. Pembangunan prasarana dan sarana cabang-cabang olahraga akan diikuti oleh dukungan pembangunan infrastruktur dasar lainnya yang mendukung pengembangan wilayah Papua.

Kepala Staf Kepresidenan Dr. Moeldoko menyampaikan perhatian Presiiden Jokowi terhadap PON XX Papua sebagai suatu hal yang unprecedented, yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah PON. Hal ini ditunjukkan dengan kemajuan pembangunan infrastruktur olahraga di Tanah Papua yang masif. Inilah sebagai bukti komitmen Pembangunan Indonesia-sentris yang dicanangkan Presiden, dimana Tanah Papua menjadi prioritasnya.

PON XX dipastikan akan di gelar di Papua pada 2-15 Oktober 2021, dengan mengangkat tagline “Torang Bisa!” yang merupakan bentuk penyemangat khas masyarakat Papua yang tercermin dari kemampuan panitia melaksanakan PON dan mampu beradaptasi pada kondisi pandemi. Lokasi penyelengaraan PON XX terbagi kedalam 4 kluster, yaitu kota Jaya Pura, kabupaten Jayan Pura, kabupaten Mimika, dan Merauke.

Sosialisasi penyelenggaraan PON terus dimasifkan dengan menggandeng pesepak bola nasional, Boaz Salossa serta publik figur Raffi Ahmad dan Nagita Slavina. Boaz ditunjuk sebagai duta, karena merupakan represntasi Papua sebagai tuan rumah dan sebagai putra daerah yang memiliki prestasi serta kehidupan sosial yang baik. Sedangkan Raffi dan Nagita ditunjuk sebagai ikon, karena memiliki follower dan kapasitas sebagai influencer yang dapat menyosialisasikan PON XX dalam waktu singkat.

Penentuan Papua sebagai tuan rumah merupakan bukti nyata kepedulian Pemerintah terhadap Papua. PON XX akan menjadi momentum perputaran ekonomi yang melibatkan wirausaha Papua dalam mempromosikan produknya terhadap 34 provinsi yang akan berkunjung ke Papua. PON XX juga akan menciptakan multiplier effect bagi perekonomian, karena meninggalkan warisan pembagunan yang akan mendorong percepatan pembangunan di Papua.

Objek wisata Papua akan menunjukkan pesonanya dalam menyambut para atlet dan menarik para pendatang untuk berkunjung. Budaya Papua juga akan turut serta menunjukkan keunikkannya dalam menarik para pendatang. Hal tersebut akan menciptakan peluang yang dapat meningkatkan pendapatan bagi masyarakat sekitar.

Sejumlah persiapan terus dilakukan pemerintah dalam mensukseskan ajang olahraga nasional utama tersebut, seperti pembangunan venue, perbaikan jaringan internet, strategi keamanan dan protokol kesehatan. Pembangunan venue dipastikan hampir rampung untuk dapat digunakan saat PON XX dimulai. Disamping itu, pemerintah terus berupaya memperbaiki Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL), sehingga dukungan transmisi bisa berlangsung dengan baik.

Dari segi keamanan, TNI dan Polri bekomitmen akan senantiasa menjaga keamanan PON XX dan telah mempersiapkan strategi pengamanan dengan melibatkan stakeholders, seperti pemerintah provinsi, tokoh agama, tokoh adat, dan tokoh masyarakat. Dari segi protokol kesehatan, pemerintah akan memberikan vaksinasi kepada panitia, atlet, tim dan masyarakat sekitar dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19. Bahkan, atlet, tim dan pihak terkait akan melakukan tes Covid-19 setiap 4 hari sekali.

Papua bangga menjadi tuan rumah, hal tersebut terlihat pada antusias masyarakat dalam menyambut penyelenggaraan PON XX yang akan menampilkan keunggulan serta keunikan daerah. Papua juga menegaskan kesiapan penyelenggaraan PON XX, terbukti dengan terbangunnya venue dan fasilitas pendukung yang dipastikan siap digunakan saat PON XX dimulai.

PON XX di Papua adalah penguatan jatidiri bangsa Indonesia yang terbentang dari Sabang sampai ke Merauke, dari Asia sampai ke Pasifik, dari tanah Melayu sampai ke kepulauan Melanesia. Pelaksanaan PONXX juga tidak terlepas dari upaya percepatan pembangunan kesejahteraan Tanah Papua serta semangat dan jiwa berolahraga yang melekat serta identik dengan Tanah Papua. Oleh Karena itu mari seluruh elemen bangsa Indonesia agar turut mensukseskan event historis PON XX 2021 di Papua. XX bukan sekedar menjadi harga diri Papua, tapi menjadi harga diri Indonesia

(Mahasiswa Papua di Jayapura)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s