Pembangunan IKN Berpotensi Kecil Merusak Lingkungan

Proses Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) dipastikan akan sesuai dengan master plan dan akan mulai dibangun tahun ini. Hal itu dikatakan oleh Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa. Dengan perhitungan cermat tentang sasaran program vaksinasi dan tercapainya herd immunity, pihaknya optimistis pembangunan Istana Negara dapat dimulai pada tahun ini dan akan rampung pada 2024.

“Kita optimistis, mudah-mudahan Istana Presiden bisa di-groundbreaking pada tahun ini. Tanggal 17 Agustus 2024 itu, Presiden bisa melaksanakan 17 Agustusan di Ibu Kota Negara baru,” ujar Suharsono.

Untuk pembangunan Istana Negara, pihaknya serta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat sudah menyelaraskan materi rencana induk IKN dan urban design IKN. Desain Istana Negara saat ini memasuki tahap gagasan awal sehingga prosesnya terus bergulir.

Ditempat terpisah, Budayawan yang juga aktifis lingkungan MPPI, Ismuanto, SS.,M.Pil, mengatakan bahwa proses perpindahan Ibu Kota Negara menunjukkan bahwa Indonesia mampu beradaptasi dengan kondisi lingkungan serta mengedepankan keharmonisan alam.

Ekosistem Jakarta sudah lebih dari cukup menampung residu dari status kota urban selama ratusan tahun.
Lebih lanjut dirinya menyatakan bahwa langkah pemerintah memindahkan Ibu kota ke pulau Kalimantan Timur tidak akan merusak lingkungan disana, sebab hasil riset yang telah dilakukan MPPI menunjukkan pemerintah telah melakukan pembangunan sesuai dengan kaedah yang berlaku sehingga berpotensi kecil menimbulkan kerusakan.

Dari sisi ekonomi, IKN akan menciptakan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru, mempercepat pemerataan ekonomi di seluruh Indonesia, hingga membuka jutaan lapangan kerja dengan tumbuhnya sektor-sektor ekonomi yang bernilai tambah tinggi.

“Hasil riset MPPI menunjukkan pemerintah telah melakukan pembangunan sesuai dengan kaedah dan tidak berpotensi kecil untuk menimbulkan kerusakan lingkungan. Dari sisi ekonomi, IKN menciptakan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru, mempercepat pemerataan ekonomi di seluruh Indonesia, hingga membuka jutaan lapangan kerja dengan tumbuhnya sektor-sektor ekonomi yang bernilai tambah tinggi’, ujar Ismu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s