Dampak Negatif Penggunaan Media Sosial Bagi Pelajar Dan Mahasiswa

Berbicara soal media sosial siapa sih yang ngga tahu tentang mesia sosial apalagi di era sekarang, era dimana teknologi meningkat secara pesat, nah Bagi banyak masyarakat modern, media sosial telah menjadi kebutuhan. Melalui media sosial, seseorang dapat mengetahui berbagai ilmu dan perkembangan informasi yang sedang terjadi.

Namun masihnya penggunaan media sosial juga sering digunakan untuk hal-hal yang kurang baik. Oleh karena itu, penggunaan media sosial harus benar-benar diperhatikan.
Dampak negatif dari penggunaan media sosial adalah:

Berawal dari media sosial sering terjadi tindak kejahatan seperti penipuan, pembunuhan, pemerkosaan, penculikan dan lain-lain.

Susah bersosialisasi dengan orang sekitar, karna penggunaan media sosial membuat malas para user untuk berkomunikasi dengan dunia nyata. Hal ini memang benar sekali, mempunya teman yang sangat aktif dalam bersosial media, dia selalu memposting apa saja yang ia kerjakan. Namun berbeda jauh dengan kenyataan. Ornag yang aktif di sosial media nyatanya adalah orang pendiam dan tidak banyak bergaul.

Karena pengunaan media sosial lebih sering menggunakan bahasa informal dalam keseharian sehingga bahasa yang formal pun menjadi terlupakan, jika tidak pandai mengontrol, jika tidak maka kita akan terjerumus dalam pergaulan bebas, karna tidak bisanya menjaga ucapan.

Situs media sosisal akan membuat seseorang lebih mementingkan diri sendiri, mereka menjadi tidak sadar akan lingkungan disekitar meraka karna terlalu banyak menghabiskan waktu mereka dengan menggunakn internet.

Media sosial dapat membuat anak-anak dan remaja menjadi lalai dan juga tidak bisa membagi waktu karna terlalu asik dengan dunia maya, yang tidak tau bagaimana bentuknya seperti apa. Apalagi untuk seorang pelajar, apabila sudah kecanduan maka meraka lebih mementing hal tersebut dari pada keperluan, bahkan rela menyisihkan uang saku jika itu sangat membutuhkan kuota internet.

Oleh karna itu, tidak perlu terlalu mengikuti perkembangan jaman, kita harus pandai-pandai memilih cara dalam pergaulan di media sosial jangan sampai kita dikuasai oleh dunia tapi kitalah yang harus menguasai dunia, jangan pula menjadi orang yang ketinggalan jaman, sekian dari saya semoga bermanfaat.

Meskipun bentuknya kecil tetapi media sosial itu benar-benar berhasil merampas hidupmu. Dengan mudahnya media sosial membuat kecanduan dan rela membuang-buang waktu hanya demi menanti komen baru dan melihat-lihat kehidupan orang lain di media sosial tersebut. (*)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s