Mengapresiasi Pemerintah Memberikan Paket Obat Covid-19 Gratis

Oleh : Zulkarnain )*

Pemberian obat Covid untuk warga yang kurang mampu sangat diapresiasi oleh masyarakat. Selain meringankan beban rakyat, paket obat Covid-19 gratis diharapkan mampu mempercepat kesembuhan rakyat yang terpapar virus Corona.

Pandemi menghantam semua sisi, terutama ekonomi. Rakyat yang sudah pusing memikirkan biaya sehari-hari, jika terkena Corona akan lemas seketika. Penyebabnya karena hanya yang memiliki kartu BPJS yang biaya RS-nya ditanggung oleh pemerintah. Sementara ada yang tidak mampu membayar iurannya, dan ketika harus isiolasi mandiri karena obatnya dirasa mahal untuk beberapa kalangan.

Untuk mengatasi permasalahan ini maka pemerintah memberikan paket obat Corona kepada mereka yang tidak mampu, dan gratis 100%. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyatakan bahwa Kemenkes yang bekerja sama dengan 11 platform telemedicine, akan memberikan konsultasi gratis, plus obat-obatan serta vitamin yang gratis juga. Paket ini khusus untuk pasien Corona yang sedang isolasi mandiri.

Cara mendapatkan konsultasi dan obat juga mudah, tinggal meng-install aplikasi telemedicine lalu membuat akun baru. Ada 11 aplikasi yang bisa dipilih. Lantas, konsultasi akan dilakukan via online dan dilakukan dengan dokter yang valid dan berpengalaman.

Sementara untuk mendapatkan obat gratis, syaratnya harus pasien yang terdaftar di Kemenkes. Mereka akan mendapat paket berupa obat dan multivitamin, dan dilayani oleh apotek juga via online. Pemerintah bekerja sama dengan sejumlah apotek sehingga memudahkan masyarakat.

Diharap, konsultasi online akan memudahkan baik pasien maupun dokter, karena menghindarkan kontak antara penderita dengan nakes. Selain itu, konsultasi online juga menghemat waktu untuk mengantri, tidak seperti di klinik. Obat yang diurus secara online juga memudahkan, karena pasien yang isolasi mandiri juga tak mungkin keluar rumah untuk membelinya.

Masyarakat sangat mengapresiasi langkah pemerintah yang memberikan paket obat dan vitamin bagi penderita Corona secara gratis. Pertama, tempat tidur di RS sering penuh dan pasien yang menunjukkan gejala ringan hanya disuruh untuk isolasi mandiri. Namun kelemahannya yang isolasi tentu susah jika tidak ada yang memberikan obat, sehingga paket obat akan memudahkan mereka.

Pemberian paket obat yang gratis tentu sangat meringankan para pasien, apalagi banyak yang kondisi ekonominya oleng saat pandemi ini. Sehingga diharap mereka tak lagi kesusahan saat harus menebus obat di apotek. Pemerintah sangat perhatian kepada rakyatnya dan ingin agar semua pasien sembuh, lalu pandemi akan berakhir secara berangsur-angsur.

Apalagi paket obat juga diantar ke tempat pasien yang sedang isolasi mandiri, sehingga mereka tak bingung bagaimana cara mendapatkannya. Untuk pergi ke apotek tentu tak mungkin karena khawatir akan menularkan Corona pada banyak orang. Sehingga dapat menggunakan kurir yang mengantar paket ke pagar rumah.

Pemberian obat Corona secara gratis diharap bisa menaikkan angka kesembuhan pasien. Karena tak semua yang isolasi mandiri mendapatkan perhatian dari keluarganya berupa makanan dan obat-obatan. Ketika ada yang sengsara sendirian dan keluarganya jauh di sebrang, akan sangat berterima kasih karena dikirimi obat dan vitamin dari apotek yang ditunjuk oleh pemerintah.

Pemerintah ingin agar pandemi cepat berlalu. Oleh karena itu, masyarakat yang sedang isolasi mandiri diberi obat dan multivitamin gratis. Sehingga diharapkan mereka lekas sembuh dan tidak bingung karena harga obatnya cukup menguras kantong. Juga, tak semua orang sanggup membayar BPJS-yang menanggung biaya pasien Corona.

)* Penulis adalah warganet tinggal di Banten

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s