Vaksinasi Massal Pelajar dan Metode Door to Door Percepat Herd Immunity Cegah Covid-19

Badan Intelijen Negara (BIN) turut membantu pemerintah dalam program vaksinasi massal guna mempercepat terbentuknya kekebalan komunal (herd immunity) di masyarakat. Untuk itu, BIN menyelenggarakan vaksinasi yang menyasar siswa sekolah menengah pertama dan atas (SMP dan SMA) di 14 provinsi secara serentak pada Rabu, (14/7/2021).

Vaksinasi massal itu ditinjau langsung oleh Presiden Jokowi secara virtual. Kepada Jokowi, Kepala BIN, Budi Gunawan (BG) melaporkan, vaksinasi Covid-19 berlangsung di DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Riau, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, dan Papua.

BIN, sangat memberi perhatian pada program vaksinasi untuk anak usia 12-18 tahun. BG berharap agar segala upaya vaksinasi yang dilakukan BIN, dapat mencapai target vaksinasi Covid-19 yang diminta Jokowi untuk mewujudkan herd immunity pada akhir 2021.

“BIN sangat memberikan perhatian serius pada program vaksinasi khusus untuk anak-anak usia 12 hingga 18 tahun, karena pelajar SMP dan SMA merupakan generasi penerus dan menjadi tulang punggung bangsa dan negara,” ucapnya.

Selain menggelar vaksinasi massal terhadap pelajar, BIN juga menggelar vaksinasi kepada warga secara door to door. Menurut BG vaksin dengan metode seperti ini mampu meningkatkan partisipasi masyarakat.

“Metode vaksinasi door to door yang kita gunakan mengadopsi dari metode vaksinasi oleh beberapa negara yang telah mampu meningkatkan partisipasi, menjangkau keluarga yang belum mempunyai akses dan takut keluar rumah untuk menghindari tertularnya pandemi,” ujar BG di Cijantung, Jakarta Timur, Rabu (14/7/2021).

Lebih lanjut BG mengatakan, pihaknya menargetkan penerima vaksin sebanyak 50.000 orang, terdiri dari 15.000 pelajar SMP, 15.000 pelajar SMA, dan 20.000 masyarakat beserta vaksinasi door to door,”

BG mengatakan bahwa Indonesia mampu mengatasi pandemi Covid-19, karena bangsa Indonesia memiliki energi yang positif energi untuk sehat dan energi untuk menjadi Indonesia yang hebat.

Terkait kegiatan tersebut, Presiden Jokowi mengapresiasi BIN. Presiden Jokowi yang memantau langsung kegiatan tersebut secara virtual menyebut proses vaksinasi harus dipercepat agar masyarakat Indonesia mencapai herd immunity.

“Pertama saya apresiasi setinggi-tingginya atas pelaksanaan vaksinasi untuk pelajar SMP dan SMA,” ujar Jokowi.

Presiden Jokowi ingin vaksinasi Covid-19 digencarkan demi mewujudkan kekebalan komunal alias herd immunity. Kepala negara juga mendukung adanya program vaksinasi door to door yang dilakukan BIN.

“Bagus. Door to door ini bagus, artinya kita mendatangi dari rumah ke rumah yang ingin vaksin segera disuntik. Saya kira program dari rumah ke rumah ini bagus sekali. Terima kasih juga untuk Ketua RT yang juga telah ikut berpartisipasi mendorong warganya agar ikut vaksinasi,” kata Presiden (14/7/2021).

BIN mengerahkan tenaga medis dan mendatangi perumahan warga di Kelurahan Cijantung, Kecamatan Pasar Rebo, Kota Jakarta Timur. Selain program vaksinasi dari rumah ke rumah, BIN juga memberikan bantuan sosial kepada masyarakat berupa sembako dan vitamin secara lengkap. (**)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s