Jim Peterson: Potensi Syi’ar Radikal Eks FPI Ada dan Real

Ummat Muslim Indonesia tidak begitu suka terhadap ormas radikal, hal ini berdasarkan survey yang telah dilakukan oleh Lembaga Survei Indonesia (LSI) dengan didukung UN Women dan Wahid Foundation. Surevey tersebut merupakan bagian dari program UN Women yang didukung pemerintah Jepang bertajuk ‘Perempuan Berdaya, Komunitas Damai Indonesia 2017-2018’.

Salah satu poin survei menghasilkan data muslim yang anti terhadap organissi msyarakat yang tergolong radikal sebanyak 51,7 persen. Sementara itu, yang tidak menentukan sikap sebanyak 39,2 persen dan yang pro-ormas radikal hanya sebanyak 9,0 persen.

Front Pembela Islam (FPI) disebut sebagai salah satu ormas radikal. FPI masuk kategori tersebut bersama ISIS, Jamaah Islamiyah, Al-Qaedah, Hizbut Tahrir Indonesia (HTI), DI/NII, Jamaah Anshar Daulah (JAD), dan Laskar Jihad.

Menyikapi hal tersebut, peneliti Lesperssi, Jim Peterson, mengatakan bahwa para stakeholder negeri ini harus mewaspadai potensi ancaman yang muncul pasca pembubaran eks ormas FPI. Metode perjuangan mereka pasti akan berubah seiring berubahnya status hukum eks ormas tersebut. Para aktor keamanan nasional perlu mewaspadai penyebaran faham radikal oleh eks ormas FPI. Potensi syi’ar radikal eks ormas FPI itu ada dan real.

“Stakeholder negeri ini harus mewaspadai potensi ancaman pasca pembubaran eks ormas FPI. Metode perjuangan pasti akan berubah seiring berubahnya status hukum eks ormas tersebut. Para aktor keamanan nasional perlu mewaspadai penyebaran faham radikal oleh eks ormas FPI. Potensi syi’ar radikal eks ormas FPI itu ada dan real”, ujar Jim Peterson.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s