Masyarakat Taat Prokes Sukseskan PPKM Level 4

Oleh : Zakaria )*

PPKM level 4 berlaku hingga tanggal 25 Juli 2021 dan masyarakat diminta untuk tetap menaati protokol kesehatan demi kesuksesan program tersebut. Dengan kedisiplinan menerapkan protokol, maka jumlah pasien Corona diharapkan akan segera menurun dan berefek positif pada perekonomian. 

PPKM darurat diperpanjang selama 5 hari dan istilahnya diganti jadi PPKM level 4. Perpanjangan ini dilakukan karena jumlah pasien Covid masih dalam angka yang mengkhawatirkan. Daripada terjadi kematian massal akibat PPKM dilonggarkan, maka diperpanjang saja, demi keselamatan bersama.

Selama PPKM level 4 maka masyarakat bisa mendukung dengan cara menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Mengapa harus protokol kesehatan? Penyebabnya karena hanya dengan berdisiplin, PPKM level 4 akan berhasil. Percuma jika mobilitas dibatasi tetapi banyak yang masih cuek berjalan-jalan tanpa masker dengan alasan tidak ada Corona. 

Mereka tidak sadar bahwa Corona varian Delta jauh lebih berbahaya daripada Corona varian alfa yang dulu pertama kali masuk ke Indonesia pada awal tahun 2020. Corona varian Delta bisa menular hanya dengan berpapasan dengan OTG, ketika salah satu atau keduanya tidak memakai masker dengan benar. Sehingga dikhawatirkan akan banyak penularan dan menggagalkan PPKM level 4.

Protokol kesehatan saat ini juga sudah 10M, bukan hanya 5M. Tambahan poin dalam protokol di antaranya: mengganti baju, menjaga sirkulasi, meningkatkan imunitas, meningkatkan daya tahan tubuh, dan menjaga lingkungan. Mengganti baju wajib dilakukan setelah keluar rumah, walau hanya ke warung tetangga, lalu mandi dan keramas. Kalau bisa baju dicuci dengan air panas agar steril.

Menjaga sirkulasi dilakukan dengan membersihkan jendela dan ventilasi, serta kipas angin dan AC. Penyebabnya karena Corona bisa menular lewat udara kotor sehingga sirkulasi udara harus benar-benar bersih. Meningkatkan imun bisa dilakukan dengan bersyukur dan berdoa agar hati selalu tenang dan tidak terpengaruh akan banyaknya berita orang-orang yang kena Corona.

Menjaga lingkungan juga penting karena harus bersih dan anti kuman. Kalau bisa dilakukan penyemprotan disinfektan secara berkala. Sehingga benar-benar higienis. Meningkatkan daya tahan tubuh dilakukan dengan mengkonsumsi sayuran, buah-buahan, dan air mineral minimal 8 gelas sehari, serta rutin berolahraga ringan agar tubuh selalu segar.

Dengan menerapkan protokol kesehatan 10M maka tubuh akan sehat dan memiliki kekebalan yang tinggi terhadap Corona. Sehingga tidak akan tertular dan tidak menulari orang lain. Jika semua orang disiplin maka akan mensukseskan PPKM level 4 karena jumlah pasien Covid menurun dan program ini bisa dihentikan, dan kita bisa melakukan mobilitas lagi walau dengan banyak syarat (surat swab, kartu vaksin, dll).

Jika semua orang sehat maka akan semangat kerja dan mempercepat pemulihan ekonomi. Warga negara yang tubuhnya kuat akan makin rajin menunjukkan kinerjanya, dan berprestasi di kantor. Sementara para pengusaha juga bertubuh bugar dan semangat untuk kulakan barang dan berjualan di pasar. Semua orang semangat kerja dan menjaga tubuh dari Corona.

Ketika semua orang bersemangat maka pemulihan ekonomi akan cepat terwujud. Penyebabnya karena kemampuan finansial rakyat naik dan akhirnya daya belinya juga naik. Sehingga roda perekonomian negara bisa berjalan dengan lancar seperti dahulu kala.

Mari kita sukseskan PPKM level 4 dengan menjaga protokol kesehatan 10M dan tetap disiplin pakai masker. Jika semuanya mematuhi protokol maka tidak akan terkena Corona dan jumlah pasien menurun. Semuanya akan sehat , semangat kerja, dan mempercepat pemulihan ekonomi nasional. 

)* Penulis adalah kontributor Lingkar Pers dan Mahasiswa Cikini

Tinggalkan Balasan