Pengesahan Otsus Jilid 2 Sangat Berpengaruh Bagi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Papua

Oleh: Yosef Tambun (Mahasiswa Papua di Kota Depok)

Otsus sejatinya diperuntukkan bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat Papua, maka sudah sepatutnya masyarakat Papua mendukung keberlanjutan Otsus Jilid 2 di Tanah Papua. Selama ini, Otsus berhasil menaikan derajat Orang Asli Papua (OAP) melalui kekhususan yang mana mempermudah masyarakat Papua untuk mendapatkan pendidikan dan kesehatan serta peningkatan taraf ekonomi masyarakat.

Di sisi lain, dana Otsus digunakan untuk percepatan pembangunan di Papua, juga termasuk membiayai Pekan Olahraga Nasional (PON) XX yang diselenggarakan di Papua pada tahun 2021 ini. Dana otsus juga disalurkan untuk beasiswa, sehingga anak-anak Papua bisa sekolah bahkan kuliah di dalam bahkan luar negeri. Beragam manfaat dana Otsus Papua terasa dan tentunya dapat merangsang kemajuan di berbagai lini.

Masyarakat dan mahasiswa Papua harus memahami urgensi dan kebermanfaatan Otsus secara luas dan komprehensif, sehingga tidak ditemukan penyelewengan informasi dan hoaks terkait Otsus Papua. Banyaknya informasi hoaks akan berdampak buruk terhadap keberlanjutan Otsus, seperti terhambatnya pembangunan dan kucuran dana tidak secara tepat diberikan kepada penerima manfaat.

Oknum-oknum yang mempolitisasi isu Otsus Papua demi kepentingan pribadi harus segera ditindak dan diberikan sanksi tegas. Tujuan pemerintah pusat mencanangkan Otsus Papua Jilid 2 agar kemajuan dan peningkatan mutu rakyat Papua bisa tercapai. Maka dari itu, demi tewujudnya percepatan pembangunan di Papua, pengawalan ketat juga butuh dilaksanakan.

Sementara itu, Otsus juga merupakan salah satu solusi untuk kesejahteraan masyarakat di Papua. Otsus merupakan satu bentuk kepedulian pemerintah pusat untuk Papua demi kesejahteraan masyarakat. Otsus juga menjadi solusi pembangunan berbagai sektor kesejahteraan masyarakat, sehingga mampu mendongkrak kemajuan dan kesejahteraan Papua.

Masyarakat asli Papua tidak boleh menutup mata terhadap berbagai capaian pembangunan melalui Otsus. Sehingga dengan Otsus Jilid 2 diharapkan keberlanjutan pembangunan dan kesejahteraan di Papua akan lebih maksimal dan lebih baik lagi.

Tinggalkan Balasan