Jim Peterson: Negara Hadir di Papua

Ketua Harian Panitia Besar (PB) PON Papua, Yunus Wonda, menyampaikan PON akan menjadi tanggung jawab besar bagi masyarakat yang akan menjadi tuan rumah. Untuk itu ia berpesan kepada semua lapisan masyarakat bersama-sama mensukseskan PON XX.

“Dalam iven ini di atas tanah ini harus pastikan PON bisa berjalan dengan baik. Kita akan pastikan dalam PON XX akan menyatukan seluruh anak bangsa. Biarkan seluruh orang yang hadir di sini datang dengan senyuman, dan kita berharap saat mereka pulang membawa kesan yang sama,” ujar Wonda.

Ditempat terpisah, Sekretaris Umum KONI Papua, Kenius Kogoya, menegaskan bahwa pelaksanaan PON XX ini adalah kesempatan emas bagi dunia olahraga di provinsi tertimur Indonesia itu. Ia berharap, PON XX bisa menjadi momentum kebangkitan baru olahraga di Bumi Cenderawasih.

“Dalam waktu 100 tahun lagi PON belum tentu ada di Papua. Oleh karena itu mari kita tunjukkan sesuatu yang beda dan buktikan bahwa kitong bisa. PON ini merupakan sebuah kebangkitan baru bagi olahraga Papua, dan kehadiran PON di Papua merupakan tolak ukur pembinaan prestasi olahraga di provinsi ini. Kita harus menjadi tuan tumah yang santun dan ramah bagi seluruh kontingen,” ucap Kenius.

Menyikapi hal tersebut, Pengamat Papua dari Lesperssi, Jim Peterson, mengatakan bahwa segenap lapisan masyarakat seyogyanya mendukung dan turut serta untuk mensukseskan penyelenggaraan PON XX di Papua. Mengingat pemaknaan dari pagelaran PON tersebut terhadap dunia internasinal, yaitu negara hadir terhadap rakyat Papua.

“Segenap lapisan masyarakat seyogyanya mendukung dan turut serta untuk mensukseskan penyelenggaraan PON XX di Papua. Mengingat pemaknaan dari pagelaran PON tersebut terhadap dunia internasional, yaitu negara hadir terhadap rakyat Papua”, ujar Jim Peterson.

Tinggalkan Balasan