Marciano Norman: PON XX Harga Diri Seluruh Bangsa Indonesia

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Marciano Norman, mengatakan bahwa keberhasilan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 adalah harga diri adalah juga harga diri seluruh bangsa Indonesia.

Hal tersebut disampaikan dirinya saat menghadiri rapat koordinasi persiapan PON XX 2021 yang digelar Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua di Ruang Sasana Karya Kantor Gubernur Papua, Rabu (2/6/2021). Direncanakan PON XX 2021 akan digelar pada 2-5 Oktober 2021 dan terdapat 37 cabang olahraga dan 10 cabang ekspedisi yang akan dipertandingkan.

“Pelaksanaan PON 2021 adalah juga harga diri seluruh bangsa Indonesia sebagai tolak ukur negara luar melihat penanganan Covid-19 di Indonesia,” ucap Marciano Norman.
Ditempat terpisah, analis Taiwan-Indonesia Trade Association (TITA), Tulus J. Maha, mengatakan bahwa variabel keamanan dengan variabel ekonomi memiliki hubungan satu sama lain. Kondisi keamanan disuatu wilayah menjadi sebuah independen variabel bagi kondisi perekonomian yang berfungsi sebagai dependent variabel. Dengan kata lain, perekonomian Indonesia pada umumnya dan Papua khususnya, terpengaruh oleh bagaimana masyarakat internasional melihat kondisi keamanan di Papua. Sebab ketidakpastian terkait keamanan menjadikan turunnya daya tarik suatu negara di mata Investor.

“Variabel keamanan dengan variabel ekonomi berhubungan satu sama lain. Kondisi keamanan menjadi sebuah independen variabel bagi kondisi perekonomian yang berfungsi sebagai dependent variabel. Dengan kata lain, perekonomian Indonesia pada umumnya dan Papua khususnya, terpengaruh oleh bagaimana masyarakat internasional melihat kondisi keamanan di Papua. Sebab ketidakpastian terkait keamanan menjadikan turunnya daya tarik suatu negara di mata Investor”, ujar Tulus J. Maha.

Tinggalkan Balasan