Kebijakan Publik Berbentuk Prokes dan Vaksinasi Sudah Tepat

Vaksinasi Covid-19 door to door ke berbagai daerah dilakukan oleh Badan Intelijen Negara (BIN) sebagai bentuk problem solving terhadap ancamkan pandemi terhadap kepentingan dan keamanan nasional. Kegiatan vaksinasi Corona door to door ini difokuskan di enam provinsi di Indonesia.

Guna melaksanakan vaksinasi COVID-19, BIN melakukan blusukan ke kawasan permukiman padat penduduk di Desa Mekarsari, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat (KBB). Propinsi Jawa Barat merupakan satu dari enam provinsi yang menjadi fokus kegiatan vaksinasi door to door. BIN menyelenggarakan vaksinasi kepada masyarakat dan pelajar ke pelosok-pelosok di 6 provinsi, yaitu Jabar, Jateng, Banten, Kaltim, Riau, dan Sulsel dengan target 10 ribu vaksin

“Pada hari ini sesuai Arahan Bapak Presiden, BIN menyelenggarakan vaksinasi door to door kepada masyarakat dan pelajar ke pelosok-pelosok di 6 provinsi, yaitu Jabar, Jateng, Banten, Kaltim, Riau, dan Sulsel dengan target 10 ribu vaksin,” ujar Jenderal Pol Purn Budi Gunawan.

Menyikapi hal tersebut, pengamat kebijakan publik Lentera Research Institute (LRI), Dahniel Dohar, mengatakan bahwa program prokes dan vaksinasi merupakan langkah tepat dan cepat guna mengatasi permasalahan pandemi cov-19. Kebijakan tersebut juga lazim diterapkan diseluruh dunia. Akan tetapi seyogyanya para stakeholder di Indonesia juga melakukan sosialisasi dan edukasi pentingnya kebijakan tersebut, sehingga tidak menimbulkan resistensi yang mengakibatkan kontra produktif terhadap output dan outcome kebijakan publik tersebut.

“Prokes dan vaksinasi merupakan langkah tepat dan cepat guna mengatasi permasalahan pandemi cov-19. Kebijakan tersebut juga lazim diterapkan diseluruh dunia. Akan tetapi seyogyanya para stakeholder di Indonesia juga melakukan sosialisasi dan edukasi pentingnya kebijakan tersebut, sehingga tidak menimbulkan resistensi yang mengakibatkan kontra produktif terhadap output dan outcome kebijakan publik tersebut”, ujar Dahniel.

Tinggalkan Balasan