Vaksinasi dan Prokes Berhasil Tekan Angka Covid-19

Berdasarkan dari data yang telah diperoleh hingga Senin (9/8/2021) pukul 12.00 WIB, jumlah masyarakat yang sudah divaksinasi dosis kedua mencapai 24.481.296 orang atau 11,75 persen. Sedangkan yang sudah disuntik vaksin Covid-19 dosis pertama yakni sebanyak 51.181.322 orang atau 24,58 persen. Adapun masyarakat yang divaksin dari kalangan tenaga kesehatan, petugas publik dan lansia, masyarakat rentan, masyarakat umum dan anak usia 12-17 tahun.
Vaksin diberikan sebanyak dua dosis dan penyuntikannya dilakukan dua kali. Hal itu dilakukan untuk mencapai kekebalan kelompok atau herd immunity terhadap penyakit yang disebabkan virus SARS-CoV-2 itu.

Menyikapi permasalahan terkait, Direktur Eksekutif Makara Strategic Insight, Andre Priyanto, mengatakan bahwa kebijakan publik yang telah diambil oleh pemerintah pusat berhasil menunjukkan hasil yang positif. Peningkatan presentase vaksinasi nasional dibarengi dengan penurunan angka BOR di rumah sakit serta penurunan laju korban jiwa akibat cov-19.

Lebih lanjut, dirinya mngatakan bahwa Pemerintah juga telah berhasil merangkul semua elemen bangsa, mengajak masyarakat segera melakukan vaksinasi dan menerapkan disiplin ketat Prokes 5M yaitu mengurangi mobilitas, menghindari timbulnya kerumunan, menjaga jarak, mencuci tangan, mengajak untuk menggunakan masker ganda.

“Pemerintah telah berhasil merangkul semua elemen bangsa, mengajak masyarakat segera melakukan vaksinasi dan menerapkan disiplin ketat Prokes 5M yaitu mengurangi mobilitas, menghindari timbulnya kerumunan, menjaga jarak, mencuci tangan, mengajak untuk menggunakan masker ganda”, ujar Andre.

Tinggalkan Balasan