Perpanjangan PPKM Terbukti Efektif

Pakar Epidemiolog, Dicky Budiman, mengatakan bahwa PPKM mampu mencegah skenario terburuk yakni apakah sudah melewati puncak pandemi atau belum.
Kebijakan PPKM saat ini merupakan perpanjangan yang dilakukan keempat kalinya, yakni berlaku sejak 3 Agustus 2021. Adapun perpanjangan pertama PPKM dilakukan pada 21-25 Juli 2021. Kemudian dilanjutkan pada 26 Juli-2 Agustus 2021. Kemudian dilanjutkan 3-9 Agustus.

Melalui Menteri Koordinator Maritim dan Investasi (Menko Marinves) Luhut Binsar Pandjaitan dalam konferensi pers, Senin (9/8/2021) malam, pemerintah memutuskan kembali memperpanjang PPKM level 4 hingga 16 Agustus 2021.
“Atas arahan Presiden, PPKM Level 4, 3, 2 akan diperpanjang hingga 16 Agustus 2021,” ujar Luhut

Menyikapi hal tersebut, Direktur Eksekutif Makara Strategic Insight, Andre Priyanto, mengatakan bahwa kebijakan publik PPKM telha menunjukkan hasil yang menggembirakan. Pertambahan kasus Covid-19 menurun 59,6% dari puncak kasus pada 15 Juli 2021. Laju kematian juga menunjukkan penurunan meskipun fluktuatif di masing-masing provinsi.
Lebih lanjut dirinya mengatakan bahwa PPKM karena terbukti mempercepat penanganan pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional. Ia mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan mobilitas yang berlebihan selama pandemi Covid-19, sebagai bentuk kepedulian terhadap keselamatan dan kesehatan masyarakat.

“PPKM karena terbukti mempercepat penanganan pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional. Masyarakat seyogyanya tidak melakukan mobilitas yang berlebihan selama pandemi Covid-19, sebagai bentuk kepedulian terhadap keselamatan dan kesehatan masyarakat” ujar Andre.

Tinggalkan Balasan