Taat Prokes dan Vaksinasi Kunci Sukses Kendalikan Pandemi Covid-19

Oleh : Dean Putri Rahayu

Pandemi Covid 19 belum berakhir dan virus yang menularkan serta mematikan masih ada di sekitar kita. Untuk itu masyarakat agar selalu mematuhi kebijakan yang dianjurkan pemerintah, terutama menyangkut protokol kesehatan (Prokes) dan ikut program vaksinasi sebagai kunci utama kesuksesan dalam pengendalian pandemi Covid-19.

Presiden Joko Widodo mengatakan saat ini negara kita sedang mengalami ujian yang sangat berat yaitu pandemi Covid-19. Oleh karena itu, mengajak seluruh elemen bangsa untuk bergandengan tangan, merapatkan barisan, bahu-membahu melakukan ikhtiar lahir dan batin bersama-sama menghadapi pandemi Covid-19.

Presiden Joko Widodo mengajak masyarakat segera mendapatkan vaksin sembari tetap mematuhi protokol kesehatan. Kedua hal tersebut, yakni vaksinasi dan penerapan protokol kesehatan atau prokes, dibutuhkan agar bangsa Indonesia dapat segera mengakhiri pandemi Covid-19.

Dalam setiap kebijakan yang dikeluarkan pemerintah terkait penanganan pandemi Covid-19, dibutuhkan dukungan oleh semua kalangan agar bisa diimplementasikan dengan baik. Sehingga Pemerintah dan seluruh elemen masyarakat perlu terus meningkatkan sinergitas untuk melawan pandemi Covid-19, antara lain melalui program vaksinasi Covid-19 dan disiplin protokol kesehatan.

Salah satu strategi pemerintah untuk mengantisipasi Covid-19 adalah mengupayakan ketersediaan vaksin dan mempercepat program vaksinasi Covid-19, sehingga semakin banyak masyarakat terlindungi. Pemerintah juga terus mengupayakan ketersediaan vaksin, baik lewat skema multilateral maupun bilateral, demi mencukupi stok yang ada saat ini serta menjaga laju vaksinasi sesuai dengan stok vaksin.

Wakil Dekan FK KMK Universitas Gadjah Mada (UGM) Bidang Kerja Sama, Alumni dan Pengabdian Masyarakat, dr. Mei Neni Sitaresmi, Ph.D, Sp.A(K), mengatakan penggunaan vaksin bisa mengurangi dampak buruk dari infeksi virus karena sistem tubuh sudah mengenali virus terlebih dahulu. Harapannya ketika tubuh sudah mengenali virus maka tidak akan menyebabkan gejala yang berat dan mengurangi risiko kematian.

Perlu dipahami oleh masyarakat bahwa vaksin tidak sepenuhnya membuat masyarakat terlindungi dari Covid-19. Meskipun telah memperoleh suntikan dosis vaksin, setiap orang harus tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan dalam keseharian. Vaksin memang akan membuat tubuh relatif lebih tahan terhadap serangan virus, dalam hal ini Covid-19. Namun, hal itu tidak menjadikan seseorang kebal terhadap infeksi virus, masih dapat tetap tertulari dan bahkan menularkan. Tetapi yang tadinya penyakitnya berat akan menjadi ringan, orang yang harusnya sakitnya ringan akan menjadi tanpa gejala.

Seluruh masyarakat Indonesia diharapkan agar mengikuti berbagai kebijakan pemerintah terkait penanganan Covid-19 dengan sebaik-baiknya. Meskipun masyarakat sudah melakukan vaksinasi Covid-19, tetapi harus tetap menerapkan disiplin protokol kesehatan. Sebab, dengan vaksinasi serta melaksanakan protokol kesehatan yang ketat maka akan semakin banyak dan cepat masyarakat terlindungi dari Covid-19. Dengan adanya ketaatan tersebut, maka penularan Covid-19 di masyarakat diharapkan dapat segera ditekan dan program pengendalian pandemi Covid-19 di negeri berjalan sukses.

(Pemerhati masalah social dan kemasyarakatan)

Tinggalkan Balasan