PON XX Kebanggaan Warga Papua

Oleh: Halimatussyadiah (Warganet Kota Depok) 

Pekan Olahraga Nasional XX atau PON XX yang diselenggarakan di Papua tahun ini adalah ajang olahraga nasional terbesar yang akan diselenggarakan mulai dari 2 – 15 Oktober 2021 dan lokasi utama penyelenggaraannya adalah di Stadion Lukas Enembe. Hal tersebut menjadi sebuah kebanggaan bagi warga Papua, karena PON XX merupakan ajang yang penting dalam kancah nasional. 

Kita ketahui bersama bahwa kegiatan ini telah ditunda setahun lamanya karena angka kasus Covid-19 masih cukup tinggi di Indonesia dan hal tersebut tentunya memberikan dampak yang buruk jika pemerintah dan masyarakatnya tidak fokus kepada penanganan Covid-19. Tahun ini, pemerintah mengoptimalkan upaya agar PON XX tetap terselenggara dengan berbagai proteksi dari Virus Corona, salah satunya dengan cara melakukan vaksinasi kepada seluruh atlet maupun peserta pendukung lainnya.

Seiring dengan dekatnya pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX pada Oktober mendatang, pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan terus berupaya untuk mempersiapkan PON XX di Papua. Ajang olahraga ini diyakini mampu menyelaraskan kemampuan Indonesia dalam kancah nasional, juga sebagai ajang unjuk kemampuan para atlet dan menunjukkan bahwa Indonesia tidak kalah dengan atlet-atlet internasional. 

Sementara itu, dengan banyaknya keragaman di Indonesia, PON XX Papua mampu memperkuat kebhinekaan dan keutuhan NKRI, sebab pelaksanaannya melibatkan banyak pihak di seluruh Indonesia. Tak hanya itu, dukungan dari setiap ras, bangsa, suku dan lain sebagainya juga sangat terbentuk dalam kegiatan ini. Terlebih pemerintah juga menekankan terkait keamanan dan kenyamanan di daerah dalam mendukung pelaksanaan PON XX. Maka dari itu, peran aktif masyarakat dibutuhkan untuk menjaga agar situasi tetap kondusif. 

Dukungan sejumlah pihak terus mengalir agar PON XX dapat terlaksana dan berjalan dengan baik. Masyarakat juga terus menyebarkan konten positif di media sosial terkait PON XX dengan rasa nasionalisme karena dengan terlaksananya PON XX bisa menyatukan bangsa Indonesia. Banyaknya dukungan dari sejumlah pihak terkait pelaksanaan PON XX di Papua mendatang, diharapkan seluruh pihak dan masyarakat dapat turut mendukung keberlangsungan PON XX.

Tinggalkan Balasan