Waspadai Intervensi Asing di Papua

Amatus Akouboo termonitor meminta dukungan internasional agar membantu mengirimkan pasukan perdamaiannya ke Papua Barat melawan pemerintah Indonesia. Pernyataan tersebut dikatakan terkait status dirinya sebagai Diplomat bagi TPNB-OPM dalam pidato pada acara Perayaan Hari Pasukan Perdamaian PBB . Ia juga mengatakan bahwa saat ini dunia sedang tertuju pada konflik Palestina dan Israel yang membuat “Indonesia senang tapi Papua Barat kesal.”

Di akhir pidatonya, ia meminta dukungan kepada UNAA untuk mengajukan permintaan kepada pemerintah Australia untuk membawa masalah kritis ini ke Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk misi penjaga perdamaian dan menyelesaikan konflik bersenjata di Papua Barat.

Menyikapi hal tersebut, peneliti keamanan dan Papua dari Lesperssi, Jim Peterson, mengatakan bahwa perlunya mewaspadai adanya keterlibatan pihak asing dalam propaganda Papua merdeka atau Free West Papua.

“Kita perlu mewaspadai adanya keterlibatan pihak asing dalam propaganda Papua merdeka atau Free West Papua”, ujar Jim Peterson.
Lebih lanjut ia menyatakan mendukung TNI/Polri dalam menindak tegas pihak manapun, termasuk pihak asing yang berupaya mendukung kelompok separatis teroris (KST) Papua mempropagandakan Papua Merdeka atau Free West Papua. Papua merupakan bagian integral dari NKRI.

“Langkah TNI/Polri didalam menindak tegas pihak manapun sudah tepat, termasuk pihak asing yang berupaya mendukung kelompok separatis teroris (KST) Papua mempropagandakan Papua Merdeka atau Free West Papua. Papua merupakan bagian integral dari NKRI” tambahnya.

Tinggalkan Balasan