TNI-Polri Tumpas KST Demi Keamanan Pelaksanaan PON XX Papua

Dewan Pengurus Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPP KNPI) mengutuk keras serangan yang dilakukan KST di Posramil Kisor Distrik Aifat Selatan, Kabupaten Maybrat, Papua Barat, Kamis (2/8/2021).

Akibat penyerangan tersebut menyebabkan 4 anggota TNI AD meninggal dunia.

“KNPI mengutuk keras aksi KST yang merusak nilai-nilai kemanusiaan dengan membunuh masyarakat sipil dan menyerang Posramil yang mengakibatkan 4 prajurit gugur. Kita tidak boleh membiarkan KST teroris leluasa melakukan pembunuhan dan menebar teror kepada masyarakat,” ujar Haris, Jumat (3/9/2021).

Haris juga meminta aparat intelijen bersama pemerintah daerah Papua dan aparat kepolisian untuk terus melakukan pengetatan guna mempersempit wilayah KST.

“KNPI meminta keseriusan pemerintah pusat dan aparat kepolisian dalam menangani KST, di samping menentukan langkah dan strategi jangka panjang untuk mencegah terulangnya kembali aksi serangan KST yang meresahkan masyarakat.

Senada dengan hal itu, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD, menegaskan secara umum kondisi politik dan keamanan di Bumi Cendrawasih dalam kondisi baik jelang pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan Pekan Paralimpiade Nasional (Papernas) XVI Papua.

Meskipun beberapa waktu lalu Pos Persiapan Koramil Kisor, Distrik Aifat Selatan, Kabupaten Maybrat, Papua Barat sempat diserang sekelompok orang dan mengakibatkan empat anggota TNI meninggal dunia.

“Kita pastikan bahwa itu akan berjalan dengan baik. Saya selaku penanggung jawab di bidang keamanan sudah melakukan koordinasi secara rutin,” kata Mahfud

Tinggalkan Balasan