Kabinda Kalteng Bantu Warga Terdampak Banjir Di Kotim

SAMPIT – Kepala Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Kalimantan Tengah (Kalteng), Brigjen TNI Sinyo, S.IP, MM menyalurkan bantuan kepada warga Desa Hanjalipan, Kecamatan Kota Besi, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim).

Penyaluran bantuan itu ditujukan kepada warga desa yang tengah terdampak bencana banjir. Dalam kunjungannya secara langsung, menjelaskan bahwa kegiatan tersebut merupakan program dari Binda Kalteng yang bertujuan untuk membantu masyarakat dan merupakan bentuk kepedulian BIN kepada masyarakat.

“Ini merupakan bentuk kepedulian kita kepada masyarakat yang terkena bencana agar teringankan bebannya,” ungkapnya, Senin, 6 September 2021

Dirinya juga menjelaskan, bahwa hal itu dilakukan sesuai arahan dari Kepala BIN agar selalu hadir di tengah-tengah masyarakat, terutama yang sedang mengalami musibah.

Sementara itu, Sapransyah Kepala Desa Hanjalipan mengatakan bahwa banjir terjadi sejak 25 Agustus 2021 lalu dan hinggai saat ini 6 September 2021 tengah terjadi.

Adapun jumlah warga yang terdampak 427 KK, 313 4umah, atau 1.740 jiwa. Dengan ketinggian air berkisar antara 50 cm hingga 2 meter. Sedangkan fasilitas umum yang terdampak antara lain 1 Kantor Desa dan Balai Desa, 3 unit Sekolah yaitu TK, SDN, Madrasah, 1 Masjid, 2 Mushola.

“Belum ada warga yang mengungsi keluar wilayah Desa Hanjalipan. Air banjir berasal dari Sungai Mentaya yang bertemu dengan sungai Tualan. Saya mewakili warga desa mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang tinggi kepada BIN dan Kabinda Kalteng yang telah meninjau, memberikan perhatian, serta menyerahkan bantuan kepada kami yang terdampak banjir,” demikiannya.

Tinggalkan Balasan