Masyarakat Internasional Mendukung Pelaksanaan PON XX Papua

Oleh : Moses Waker )*

PON XX Papua adalah lomba yang diselenggarakan di Indonesia yang tidak hanya dinantikan publik dalam negeri, namun juga masyarakat internasional. Selain sebagai ajang perlombaan bergengsi yang mencerminkan semangat olah raga, PON XX menjadi simbol keutuhan Indonesia atas Papua.

PON XX akan diselenggarakan pada bulan Oktober 2021 di Papua. Seluruh rakyat di Bumi Cendrawasih bangga karena ada lomba berlevel nasional yang pertama kali diselenggarakan di sana. Selain itu, rakyat Indonesia juga bahagia karena akhirnya PON XX jadi dilangsungkan, setelah ditunda selama setahun karena alasan pandemi Covid.

Persiapan PON XX sudah nyaris 100%, baik dari segi venue, wisma atlet, maupun panitia. Mereka juga sudah divaksin sehingga aman dari Corona dan tidak membuat klaster baru. PON XX adalah ajang pembuktian bahwa orang asli Papua (OAP) juga bisa jadi panitia acara berkelas nasional. Banyak juga yang menunggu pembukaan PON XX karena mereka antusias akan lomba ini.

Tak hanya masyarakat Indonesia tetapi juga netizen internasional menunggu-nunggu pembukaan PON XX. Mereka suka menonton PON karena penasaran, seperti apa acara pembukaannya? Mengingat pada tahun 2018 lalu ada pembukaan ASEAN Games di Jakarta yang spektakuler, sehingga mereka juga berharap bahwa opening ceremony PON XX tak kalah indahnya.

Masyarakat internasional menunggu pembukaan PON XX karena percaya bahwa panitia akan menyelenggarakannya dengan baik. Selain hiburan dari para penyanyi asli Papua, mereka juga menunggu aksi para dancer yang menampilkan tarian tradisional-kontemporer, untuk menunjukkan kebudayaan di Bumi Cendrawasih yang masih dilestarikan. Hiburan tak sekadar hiburan tetapi juga mengandung nilai edukasi kultural.

Selain itu, netizen internasional juga sudah tak sabar lagi ingin menonton live streaming saat PON XX dilaksanakan, karena mereka memang sudah haus akan acara olahraga yang berkualitas baik. Saat pandemi memang jarang sekali ada lomba olahraga, terakhir kali yang disiarkan adalah Olimpiade Tokyo 2020 lalu. Sehingga PON XX akan mengobati kerinduan para gibol (penggila bola) dan supporter cabang olahraga lainnya.

Menyelenggarakan acara di tengah pandemi memang butuh lebih banyak biaya, karena harus menjaga jarak dan butuh sponsor yang sangat besar untuk sanitasi, prokes, dll. Namun PON XX tetap dilaksanakan dan tidak ditunda lagi karena sudah ada antisipasi terbentuknya klaster baru. Sehingga masyarakat internasional yakin bahwa acara ini akan sangat aman dan tidak ada penularan Corona.

Netizen internasional juga mendukung dan terus menunggu pembukaan PON XX karena acara lomba olahraga bukan sekadar hiburan, tetapi mengajarkan banyak hal. Pertama, lomba olahraga mengajarkan untuk fair play dan tidak boleh curang pada cabor apapun. Di kehidupan nyata, kita memang harus jujur dan tak boleh asal sleding, karena malah menghancurkan diri sendiri.

Selain itu, lomba olahraga mengajarkan tentang sportivitas, yang tak hanya berlaku di lapangan hijau atau arena PON lain, tetapi juga di kehidupan nyata. Kita harus sportif dalam menjalankan bisnis dan pekerjaan lainnya, agar disegani orang. Pekerjaan pun jadi lancar karena seseorang yang sportif akan mendapat respek serta kehormatan yang besar dari rekan kerja maupun orang lain.

Masyarakat internasional menunggu PON XX dan sangat antusias, karena mereka haus hiburan akan lomba olahraga yang bermutu. PON XX adalah ajang yang dirindukan karena di masa pandemi banyak yang stress karena stay at home dan menonton acara olahraga adalah salah satu stress release. PON XX adalah kebanggaan, tak hanya bagi masyarakat Papua, tetapi juga seluruh Indonesia.

)* Penulis adalah mahasiswa Papua tinggal di Gorontalo

Tinggalkan Balasan