MENGAPRESIASI KEBERHASILAN PPKM TURUNKAN PENYEBARAN COVID-19

Oleh : Abie

Masyarakat mengapresiasi keberhasilan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang mampu menurunkan penyebaran Covid-19. Dengan adanya tren positif tersebut, maka diharapkan perekonomian rakyat akan kembali bergerak.

Mulai 3 Juli 2021 pemerintah menerapkan kebijakan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) karena sejak pertengahan Juni 2021, sebaran Covid-19 mengalami tren peningkatan yang signifikan. Kebijakan tersebut awalnya mendapat tentangan dan nyinyiran dari berbagai kalangan karena berbagai faktor diantaranya akan menyulitkan mobilisasi masyarakat dalam aktivitas sosial ekonomi dan lain sebagainya.

Namanya kebijakan pasti akan menuai pro dan kontra, tapi data dan fakta telah berbicara dan terbukti sejak pertengahan Juli angka penyebaran Covid-19 di RI mengalami tren penurunan dari kasus harian tertinggi pada 15 Juli 2021 yakni sebanyak 56.757 kasus. Bahkan beberapa waktu lalu, salah satu politisi Malaysia ikut berkomentar dengan keberhasilan Indoesia dalam menurunkan angka sebaran Covid-19.

Pemimpin Partai Aksi Demokratik (DAP), Lim Kit Siang kepada Menteri Kesehatan Malaysia, Khairy Jamaluddin, yang menanyakan penanganan kasus Covid-19 di Indonesia, karena Indonesia mampu menurunkan kasus positif Coivid-19 dengan cepat dibandingkan Malaysia yang populasinya jauh lebih sedikit. Menurut Lim, kasus Indonesia menurun signifakan di Malaysia malah mencatatkan rata-rata kasus harian sebanyak 20 ribu orang selama empat minggu terakhir.

Di samping itu, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyatakan bahwa kebijakan PPKM membuahkan hasil yang positif dan kasus Covid-19 berhasil turun gunung.
“Kasus Covid Delta di Indonesia sudah turun dan melewati puncaknya. Sementara di negara lain, hari-hari ini serangan virus Delta sedang naik dimana-mana termasuk Amerika Serikat yang selama ini dianggap baik,” kata Ridwan Kamil.

Selain berhasil menurunkan angka Covid-19, berbagai kebijakan dan upaya seluruh lapisan masyarakat Indonesia juga selama PPKM telah berhasil meningkatkan angka kesembuhan pasien Covid-19.

Berdasarkan data perkembangan penanganan pandemi Covid-19 per 8 September 2021 secara nasional, angka kesembuhan harian bertambah mencapai 11.912 orang sembuh per hari. Adanya penambahan tersebut meningkatkan angka kumulatif kesembuhan hingga menembus angka 3,8 juta orang sembuh atau tepatnya 3.876.760 orang (93,5%). Sejalan dengan itu, kasus aktif atau pasien positif yang masih membutuhkan perawatan medis, berkurang lagi sebanyak 5.807 kasus dan totalnya menurun menjadi 132.823 kasus (3,2%).

Meski kebijakan PPKM terbukti berhasil, pandemi Covid-19 masih menjadi ancaman nyata, sehingga berbagai kebijakan perlu mendapat dukungan dari seluruh lapisan masyarakat Indonesia sehingga nantinya RI benar-benar bebas dari pandemi.

)* Penulis adalah kontributor Lembaga Studi Informasi Strategis Indonesia (LSIS)

Tinggalkan Balasan