Taat Prokes Antisipasi Virus Covid-19 Varian Mu

Oleh : Deka Prawira )*

Corona sudah bermutasi hingga varian Mu, setelah ada varian Alfa, Beta, dan Delta.. Tetaplah menaati protokol kesehatan dan jangan lengah sedikitpun, agar tidak terjangkiti oleh virus Covid-19 varian apa saja.

Virus Covid-19 adalah makhluk kecil yang terus bermutasi, dan wajar jika sebuah virus melakukan mutasi ketika ada lingkungan yang mendukung. Setelah heboh dengan Corona varian Delta yang dianggap bahaya, karena bisa menular hanya dengan berpapasan dengan OTG, maka saat ini sudah ada Corona varian Mu. Penamaannya memang mengikuti urutan abjad Yunani (alfa, beta, dst).

Corona varian Mu sedang naik daun karena kabarnya, ia bertransformasi menjadi virus yang lebih kuat. Virus ini sudah ada di 39 negara di dunia tetapi belum masuk ke Indonesia. Hal ini patut kita syukuri, tetapi bukan berarti harus santai, karena kita masih tetap wajib meningkatkan kewaspadaan. Anda tentu tidak mau kena Corona, teruama varian Mu, bukan?

Untuk mencegah terinfeksi virus Covid-19 varian Mu, maka yang perlu dilakukan adalah terus berdisiplin menaati protokol kesehatan, tidak hanya 3M tetapi sampai 10M. Penyebabnya karena seluruh poin dalam prokes memang didesain, agar ditaati dan nantinya seluruh WNI tidak terjangkiti oleh virus berbahaya ini.

Jangan pernah lupa untuk pakai masker dan mengenakannya harus dalam posisi yang benar, jangan melorot atau baru dipasang saat ada razia petugas. Masker harganya murah tetapi manfaatnya besar, karena ia bisa menolak droplet pembawa virus Covid-19 varian Mu. Pilih masker kain yang berbahan katun atau bahan lain yang lembut tetapi punya filtrasi baik, dan jangan beli masker scuba atau buff, yang tidak efektif dalam menentang penularan Corona.

Saat ini WHO juga merekomendasikan untuk mengenakan masker ganda, dengan posisi masker sekali pakai di bagian dalam dan masker kain di bagian luar. Ketika ada 2 masker sekaligus yang dipasang, maka akan meningkatkan filtrasi sampai 90%, sehingga tidak akan terkena droplet dari OTG. Jangan lupakan fakta bahwa OTG ada di mana-mana dan kita tidak tahu siapa yang terkena virus Covid-19 varian Mu.

Selain memakai masker, jangan lupa untuk mencuci tangan, mandi, dan mengganti baju saat tiba di rumah. Walau habis pergi ‘hanya’ ke pasar, tetap harus melakukan prokes ini, agar selamat dari virus Covid-19. Dengan langsung mandi maka tubuh bersih dan tidak kena virus-virus nakal, termasuk Corona. Lantas ganti baju meminimalisir perpindahan virus, karena ia akan mati saat pakaian dicuci, dan kalau bisa dibersihkannya dengan air panas karena higienis.

Jangan dengan sengaja melewati keramaian, agar tidak terkena virus Covid-19 varian Mu atau yang lain. Triknya, datanglah ke pasar tradisional atau supermarket ketika tempat itu baru saja dibuka, sehingga masih sepi dan Anda terhindar dari berdesak-desakan dengan pembeli lain. Cepat-cepatlah berbelanja agar tidak terjebak macet dan merasa sesak di mobil, lalu melepas masker begitu saja.

Apalagi dengan poin prokes menghindari keramaian, berarti Anda juga tidak boleh dengan sengaja membuat kerumunan. Jangan nekat menggelar pesta dangdut di tengah pandemi dengan alasan butuh hiburan. Boro-boro terhibur, yang ada setelah acara malah banyak yang terkapar karena Corona.

Corona varian Mu memang sedang menjadi perhatian dan belum masuk ke Indonesia, tetapi kita masih harus meningkatkan kewaspadaan. Jangan lengah dan tetap taati prokes agar selamat dari virus Covid-19 varian apa saja. Menaati prokes juga sangat mudah, bukan?

)* Penulis adalah kontributor Lingkar pers dan mahasiswa Cikini

Tinggalkan Balasan